Wali Kota Sukabumi Meraih Penghargaan Tertinggi di Bidang KB

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Nanang Setiana

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021 membawa kesan khusus bagi warga dan Pemerintah Kota Sukabumi. Betapa tidak, pada peringatan Harganas itu, Wali Kota Sukabumi berhasil meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

banner 970x90

Peringatan Harganas secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Istana Negara, Selasa (29/6/2021). Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami mengikuti peringatan Harganas secara virtual dari Balai Kota Sukabumi.

Pada kegiatan itu, Andri didampingi Asisten Administrasi Iskandar Ifhan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Asep Lela Sukmana, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Hj. Nuraini Komarudin.

Dalam amanatnya, Wapres mengatakan, peran keluarga sangat penting dalam pencegahan dan penanggulangan stunting atau gizi buruk akut. Hal ini sejalan dengan semangat tema Harganas ke-28 yang berbunyi ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’. Tema tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memperhatikan gizi bayi dan mencegah stunting.

“Karena masalah gizi sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup keluarga,” kata Kiai Ma’ruf.

Wapres juga memerintahkan seluruh pemda untuk memperkuat koordinasi antar sektoral yang didukung berbagai sumber anggaran untuk memastikan layanan terbaik dapat diterima keluarga.

“Di masa pandemi ini pelayanan kesehatan untuk anak dan ibu hamil harus dapat terus berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Wapres.

Adapun penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan BKKBN Republik Indonesia kepada Kepala Daerah termasuk kepada Ketua TP PKK Provinsi, dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota atas prestasi, komitmen, dukungan, dan darma baktinya yang besar serta kepemimpinannya dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di wilayahnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email