Wabup: Inovasi Daerah Mendorong Peningkatan Daya Saing Daerah

oleh -
Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri ketika membuka Sosialisasi Penilaian Indeks Inovasi Daerah menuju Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021.

Wartawan Nanang Setiana

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri mendorong lahirnya inovasi oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi. Melalui inovasi daerah, jajaran Pemkab Sukabumi dapat melanjutkan kebaikan dalam membangun dan memajukan Kabupaten Sukabumi. Selain itu inovasi daerah dapat meningkatkan kualitas daya saing daerah.

banner 970x90

Hal itu dikatakan wabup ketika membuka Sosialisasi Penilaian Indeks Inovasi Daerah menuju Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 secara virtual di Kantor Bappeda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Selasa (29/6/2021).

Iyos yakin, inovasi daerah dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap upaya mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

“Karena itu penyelenggaraan inovasi daerah harus mampu melanjutkan kebaikan secara signifikan dan mampu mendorong terjadinya  perubahan besar dalam pembangunan, terutama peningkatan kualitas pelayanan publik dan penguatan dalam pemberdayaan aparatur pemerintah,” ujar dia.

Sosialisasi inovasi daerah, kata wabup, bertujuan untuk menyampaikan informasi guna mendorong lahirnya inovasi daerah. Para peserta pada sosialisasi itu berasal dari berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi. Dia menekankan seluruh peserta sosialisasi untuk menyamakan persepsi mengenai proses penilaian indeks inovasi daerah dan penghargaan IGA.

“Pertumbuhan pembangunan di Kabupaten Sukabumi di era revolusi industri 4.0  harus digerakkan dengan strategi yang tepat, efisien, serta mengedepankan aspek pemanfaatan iptek dan inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing atau  innovation-driven development,” kata wabup.

Hal itu, kata dia, sejalan dengan UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Iptek. 

Pada bagian lain wabup memerintahkan jajarannya agar selalu waspada terhadap  situasi pandemi  saat ini dengan melaksanakan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dia mengingatkan seluruh jajaran pemda dan masyarakat untuk selalu melaksanakan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi intensitas dan mobilitas. (*)

Print Friendly, PDF & Email