Penerima BLT Desa di Cikarang Terima Sertifikat Vaksinasi

oleh -
Ketua BPD Cikarang Dedi, S.Pd. (kiri) bersama seorang penerima bantuan dan Sekdes Cikarang, Ucu Sutarman.

Wartawan Ari Jampang

Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) di Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/6/2021) disertai vaksinasi Covid-19. Di tempat pembagian bantuan, para penerima juga menerima sertifikat vaksinasi yang merupakan bukti mereka telah diberi suntikan Vaksin Covid-19.

banner 970x90

BLT yang dibagikan merupakan tahap keempat, sedangkan suntikan vaksinasi merupakan dosis pertama. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD menerima bantuan sebesar Rp300 ribu dalam bentuk uang kontan. Jumlah penerima bantuan sebanyak 145 orang.

Kegiatan pembagian BLT dan vaksinasi dipusatkan di aula Kantor Desa Cikarang. Semua penerima BLT menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum vaksinasi. Warga yang divaksin hanya mereka yang memenuhi syarat dalam skrining kesehatan. Pelaksananya adalah tim vaksinator dari Puskesmas Cidolog.

Ketua BPD Cikarang, Dedi, S.Pd. mengatakan, sejauh hasil monitoring yang dilakukannya, pembagian BLT DD dan vaksinasi berjalan dengan tertib dan lancar. Dirinya hadir di lokasi kegiatan dalam rangka monitoring dan menjalankan fungsi pengawasan.

“Hasil monitoring menunjukkan, pembagian BLT ini menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujar Dedi.

Selain itu, ujar dia, KPM yang kondisi tubuhnya kurang sehat tidak diberi suntikan vaksin. Vaksinasi diberikan kepada KPM yang kondisi tubuhnya sehat dan lulus skrining kesehatan. 

Semua penerima bantuan harus memakai masker. Ketika duduk di ruang tunggu, mereka  dalam posisi menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Para penerima bantuan juga menjalani pengukuran suhu tubuh dan mencuci tangan dengan handsanitizer.

Dedi mengharapkan para penerima bantuan dapat menggunakan BLT yang diterimanya dengan bijaksana untuk keperluan yang utama seperti belanja sembako. Jangan digunakan untuk belanja yang tidak penting. Bantuan ini diberikan kepada keluarga yang terdampak Covid-19.

“Kami juga tak bosan-bosan mengajak dan mengimbau masyarakat untuk membantu kelancaran penanganan Covid-19. Jalankan protokol kesehatan pada setiap kegiatan. Semoga wabah Covid-19 ini segera bisa diatasi,” harapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email