Tertimpa Longsoran Tanah, Rumah Warga Cipamingkis Jebol

oleh -
Warga bahu-membahu membersihkan sisa material longsor di sekitar rumah milik Nenem di Desa Cipamingkis, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Ari Jampang

Rumah milik Nenem, warga Kampung Ciindet RT 04 RW 02 Kedusunan/Desa Cipamingkis, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi jebol diterjang longsoran tanah. Musibah itu terjadi di tengah hujan deras yang disertai sambaran petir.

Gerakan longsor berasal dari bentangan jalan yang terletak di sebelah atas rumah Nenem. Curah hujan yang tinggi mendorong dan menggerus material tanah bercampur lumpur pada bentangan jalan tersebut. Lama kelamaan bagian pinggir jalan runtuh dan materialnya menimpa rumah. Dinding rumah milik korban yang terbuat dari bata merah pun seketika ambruk.

Musibah itu terjadi pada Selasa (22/6/2021) sekitar pukul 19.00 WIB. Beruntung pada musibah itu tidak ada korban jiwa. Ketika dinding ambruk, seluruh anggota keluarga berposisi agak jauh dari dinding.

“Longsor tadi malem menimpa rumah warga kami. Dindingnya jebol oleh tanah yang terbawa gerakan longsor. Kejadiannya menjelang Isya,”  kata Kadus Cipamingkis, Dadam saat meninjau lokasi longsor untuk membantu korban di Kampung Ciindet, Rabu (23/6/2021).

Akibat kejadian itu, seisi rumah Nenem dipenuhi tanah bercampur lumpur. Barang-barang miliknya untuk sementara dievakuasi ke tempat yang aman.

Kadus Cipamingkis Dadam (kanan) bersama warga ketika memimpin gotong royong untuk membersihkan rumah Nenem yang tertimpa longsor.

“Saya dan warga mengalami kesulitan untuk membantu korban  pada malam kejadian karena kendala cuaca. Alhamdulillah hari ini kami bisa bergotong royong untuk membantu korban dengan peralatan seadanya. Target kami bagian  bangunan rumah yang jebol bisa diperbaiki secara swadaya,” ujar Dadam. 

Dia pun mengimbau warga yang letak rumahnya berada di bawah tebing untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena sampai sekarang curah hujan masih tinggi. (*)

Print Friendly, PDF & Email