Lewat Aplikasi Likes, Disdukcapil Tampung Masukan dari Masyarakat

oleh -
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi.

Wartawan Joko Samudro

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi tidak berhenti untuk melahirkan inovasi. Perangkat daerah ini meraih sukses dengan program Jempol yakni jemput bola pelayanan untuk pembuatan dokumen kependudukan.

Baru-baru ini Disdukcapil Kota Sukabumi meluncurkan aplikasi Likes (Layanan Indek  Kepuasaan Masyarakat) untuk mewujudkan layanan prima. 

“Aplikasi  Likes  dibuat untuk menampung saran dari masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan oleh jajaran kami,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Melalui Likes, ujar dia, masyarakat dapat memberikan saran dan masukan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan yang ada di dalam aplikasi. Semua jawaban dari masyarakat akan dijadikan atensi oleh jajaran Disdukcapil Kota Sukabumi.

Layanan Likes dapat diakses melalui situs disdukcapil.sukabumikota.go.id.

Saran dari masyarakat yang dapat disampaikan terbagi ke dalam 9 unsur pelayanan yaitu persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, produk pelayanan, kompetensi pelaksana (SDM), perilaku pelaksana pelayanan, maklumat pelayanan,  serta penanganan pengaduan.

Aplikasi Likes diluncurkan pada 1 Juni 2021. Menurut Kardina, kehadiran Likes mendapat sambutan dan respon positif dari masyarakat. Buktinya dalam satu hari, pihaknya menerima saran dari 30 orang responden.

“Kami harapkan masyarakat terus memberikan saran, baik langsung ataupun melalui Likes agar kami dapat terus mengevaluasi pelayanan yang diberikan,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email