Wabup Bahas Rencana Pembangunan Rumah Sakit Lapangan

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) menyampaikan arahan kepada para peserta rapat koordinasi pembahasan penanganan pasien Covid-19.

Wartawan Joko Samudro

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri memimpin rapat koordinasi dengan agenda pembahasan ketersediaan tempat tidur dan tenaga kesehatan (nakes) bagi pasien Covid-19 di Pendopo Sukabumi, Selasa (22/6/2021). Pada rapat itu, wabup juga melontarkan rencana pembangunan rumah sakit lapangan untuk mendukung perawatan para pasien yang terinfeksi Virus Corona.

Beberapa hari yang lalu seiring dengan penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Sukabumi terjadi kekurangan 80 tempat tidur untuk para pasien. Setelah dilakukan koordinasi yang melibatkan semua rumah sakit yang ada di Kabupaten Sukabumi, masalah itu dapat diselesaikan.

“Alhamdulillah,  berkat kerja sama yang terpadu, kita bisa mengatasi kekurangan 80 tempat tidur itu,” kata Iyos.

Sementara untuk kekurangan nakes, wabup mengatakan, hal itu sedang diupayakan solusinya. Mudah-mudahan, kata dia, kekurangan nakes untuk merawat pasien Covid-19 dapat segera teratasi dalam waktu dekat ini.  

“Agar upaya mengatasi kekurangan tenaga kesehatan dapat membuahkan hasil, semua pihak harus bahu-membahu dan bekerja sama disertai tekad akan memberikan pelayanan dan penyediaan fasilitas terbaik dalam menghadapi peningkatan pasien Covid-19,” terangnya. 

Bentuk upaya lain untuk mendukung kinerja rumah sakit dalam menghadapi peningkatan kasus Covid-19 adalah membangun rumah sakit lapangan. Pemkab Sukabumi juga berencana akan membangun rumah sakit yang didirikan di luar rumah sakit permanen tersebut.

Berbicara tentang Vaksinasi Covid-19, wabup mengatakan, kegiatan untuk membentuk kekebalan tubuh menghadapi serangan Virus Corona itu terus dilakukan sesuai jadwal dan target yang telah ditetapkan. Bersamaan dengan itu, Pemkab Sukabumi juga menggencarkan sosialisasi disiplin protokol kesehatan secara berkelanjutan.

“Bersamaan dengan itu kami juga melakukan upaya-upaya pemulihan ekonomi disertai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran  Covid-19,” ujar wakil bupati.

Pada rapat itu tampak hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi antara lain Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo. (*)

Print Friendly, PDF & Email