Tingkatkan PAD Perlu Dukungan dan Komitmen Semua Kalangan

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyampaikan pidato Bupati Sukabumi di depan para peserta rapat paripurna Nota Pengantar Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020.

Wartawan Joko Samudro

Penerimaan daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) berbanding lurus dengan kemandirian dalam pembangunan di daerah. Semakin tinggi PAD, kian mandiri satu daerah dalam membiayai pembangunan. Karenanya dalam upaya meningkatkan PAD, pemda membutuhkan dukungan dan komitmen dari  seluruh stakeholder. 

Demikian hal itu dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi dalam rangka penyampaian jawaban bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Nota Pengantar  Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 di ruang rapat utama gedung DPRD, Palabuhanratu, Senin (21/6/2021).

Pada tahun anggaran 2020 di Kabupaten Sukabumi terjadi pelampauan target PAD. Menurut bupati, pencapaian tersebut merupakan hasil komitmen dan sinergi antara pemda dengan DPRD dengan melakukan optimalisasi potensi-potensi PAD.

“Ke  depan kita harus terus berupaya agar capaian PAD tahun lalu dan hari ini agar dapat terus ditingkatkan lagi,” kata bupati. 

Rencana pendapatan ke depan harus dapat dioptimalkan melalui kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak dan retribusi daerah.  Upaya yang dilakukan, ujar dia, antara lain pemutakhiran data wajib pajak dan retribusi, melakukan optimalisasi penagihan pajak dan retribusi sesuai kewenangan perangkat daerah dan lintas sektoral, serta menggali objek pajak dan retribusi lainnya.

Mengenai penanganan Covid 19, Bupati menyampaikan bahwa pemerintah daerah melalui satgas dan Forkopimda telah melaksanakan penanganan Covid-19 sesuai dengan kebijakan dan program pemerintah pusat. Kabupaten Sukabumi berhasil melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak atas diperolehnya kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap kinerja pengelolaan keuangan Pemkab Sukabumi tahun anggaran 2020 dari BPK-RI.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara didampingi para wakil ketua M. Sodikin dan Yudi Suryadikrama. (*)

Print Friendly, PDF & Email