Anggota Binmas Polsek Sukarang Kembangkan Usaha Madu di Luar Tugas

oleh -
Bripka Darsono menghabiskan waktu di luar tugas di rumahnya dengan mengurus tempat budi daya lebah yang menghasilkan madu murni.

Wartawan Joko Samudro

Produktivitas dan kreativitas anggota Unit Binmas Polsek Sukalarang, Polres Sukabumi Kota, Bripka Darsono patut diacungi jempol. Betapa tidak, Bripka Darsono sukses mengembangkan usaha madu murni yang dapat menunjang ekonomi rumah tangganya. Berkat madu murni pula, dia mendapat keringanan atas penyakit asam lambung yang dideritanya.

banner 970x90

Kegiatan usaha madu murni tersebut dipusatkan di rumahnya di Kampung Cijurey, Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. Dalam menjalankan usahanya itu, Bripka Darsono tidak segan menjual produk olahannya dengan cara berkeliling dari rumah ke rumah hingga mempunyai pelanggan tetap madu murni yaitu koperasi di salah satu instansi.

Perlahan tapi pasti Bripka Darsono mengembangkan usaha madu murni yang ditekuninya.  Sehari-hari Bripka Darsono bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Semplak, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Dia dapat menjalankan usahanya secara proporsional di luar jam tugas.

“Saya mengelola penjualan madu murni. Untuk mendukung usaha ini, saya membudidayakan lebah di pekarangan rumah,” kata Bripka Darsono kepada wartawan, Senin (14/6/2021). 

Dia pun menceritakan awal mula usaha madu murni yang ditekuninya. Asalnya Bripka Darsono mengidap penyakit asam lambung. Berbagai jenis obat telah dikonsumsinya untuk menyembuhkan lambungnya itu. Namun tidak ada yang manjur. Sampai-sampai penyakit asam lambung yang dideritanya itu kerap mengganggu tugas dan kesehariannya.

Atas Izin Allah, dia pun mencoba mengkonsumsi madu murni. Alhamdulillah penyakitnya hilang dan tidak pernah kambuh lagi hingga sekarang. Setelah itu dia pun tertarik untuk mengembangkan budi daya lebah dan penjualan madu.

“Kegiatan usaha ini selain untuk mendapatkan penghasilan  juga untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan obat alami yang paling baik yaitu madu,” ujarnya.

Dalam menjalankan usahanya, dia membudidayakan lebah jenis trigona atau klanceng yang menghasilkan madu murni berkualitas tinggi. Dia mencari sendiri koloni lebah ke kebun-kebun milik warga atau membeli dari tetangga dan warga sekitar. (*)

Print Friendly, PDF & Email