Wali Kota: Pemda Terus Mendorong Penciptaan Tenaga Kerja Terampil

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi memperlihatkan hasil karya peserta pelatihan untuk keterampilan menjahit.

Wartawan Joko Samudro

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi menggelar pelatihan keterampilan khusus bagi para pencari kerja. Pada pelatihan itu, para peserta mendapat pembekalan materi peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja untuk berbagai jenis keterampilan.

banner 970x90

Pelatihan diresmikan oleh  Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Senin (14/6/2021). Tempatnya di Balai latihan Kerja (BLK)  Disnaker Kota Sukabumi dengan jumlah peserta 120 orang.

Dalam arahannya, wali kota mengatakan, selama ini dalam upaya memulihkan perekonomian akibat wabah Covid-19, pemerintah terus berupaya untuk menciptakan tenaga kerja berbasiskan keterampilan. Untuk itu pemerintah menggelar pelatihan keterampilan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang dapat membuka usaha sendiri berbekal pengetahuan dan keterampilan setelah mengikuti pelatihan,” kata wali kota.

Di Kota Sukabumi, ujar dia, angka pengangguran pada tahun ini mencapai sekitar 12 12 persen. Dampak dari wabah Covid-19 merembet ke sektor ekonomi yang juga memicu terjadinya penambahan pengangguran.  

Penyelenggaraan pelatihan untuk tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini materi pelatihan untuk keterampilan tata boga, menjahit, dan budi daya ikan.

Khusus untuk pelatihan menjahit, para peserta diuji terlebih dahulu  dan mereka pelatihan akan diikutsertakan dalam uji kompetensi pada Badan Sertifikat Nasional (BSN).

Sementara itu Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Didin Syarifudin menjelaskan pelatihan diadakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan teknis para pencari kerja. Selain itu untuk mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja dengan para pencari kerja. (*)

Print Friendly, PDF & Email