Dinkes Kota Sukabumi Luncurkan Inovasi Pelayanan Sikkasep

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih menjelaskan latar belakang dan manfaat inovasi Sikkasep yang diluncurkan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (paling kanan).

Wartawan Joko Samudro

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi meluncurkan program inovasi pelayanan Sistem Informasi Kewaspadaan Keluarga Sehat Paripurna (Sikkasep). Dengan Sikkasep, Dinkes berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada publik dalam rangka meningkatkan indeks kesehatan masyarakat.

banner 970x90

Kepala Dinkes Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih mengatakan, selama ini jajarannya mengalami berbagai kendala teknis di lapangan untuk meningkatkan indeks kesehatan masyarakat. Salah satu kendala yang muncul adalah masyarakat kesulitan mengakses informasi seputar layanan kesehatan.

“Melalui peningkatan sistem informasi diharapkan kendala yang terjadi dapat diatasi. Untuk itu kami meluncurkan  inovasi Sikkasep. Inovasi ini dapat membantu para pengelola program seperti kader Puskesmas dan posyandu dalam memberikan informasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tutur Rita.

Inovasi Sikkasep diluncurkan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi  di Hotel Balcony Kota Sukabumi, Jumat (11/6/2021). Dengan peluncuran tersebut, Dinkes Kota Sukabumi secara resmi menggunakan Sikkasep sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan.  

Dalam sambutan saat meluncurkan Sikkasep, wali kota mengharapkan  sistem informasi yang dikembangkan dinkes dapat membantu aparat wilayah untuk melaksanakan pelayanan kesehatan berbasiskan keluarga.

Pada kesempatan itu Fahmi juga mengingatkan jajaran Dinkes serta aparat wilayah dan pihak terkait lainnya untuk bekerja sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi yang masih belum melandai jumlah penderitanya.

“Kami mengajak semua pihak mensukseskan vaksinasi Covid-19 bagi lansia,” kata wali kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email