Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

oleh -
Para perserta pelatihan kewirausahaan bagi UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas KUM Dagrin Kota Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Dinas KUM Dagrin) Kota Sukabumi menggelar pelatihan kewirausahaan yang diikuti 30 pelaku UMKM. Pelatihan tersebut diselenggarakan di Hotel Balcony, Senin (7/6/2021).

banner 970x90

Kepala Dinas KUM Dagrin Kota Sukabumi, Ayi Jamiat menjelaskan, tujuan pelatihan kewirausahaan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pelaku UMKM. Para peserta mengikuti pelatihan selama 3 hari.

“Pada pelatihan ini para pelaku UMKM mendapatkan materi seputar manajemen produksi, manajemen keuangan, teknologi produksi dan pemasaran, serta seluk-beluk organisasi,” ujar Ayi.

Kegiatan pelatihan diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi. Pada pelatihan itu, penyelenggara mendatangkan narasumber dari Balai Diklat Provinsi Jawa Barat, Apdesi Jawa Barat, dan Grab.

“Melalui pelatihan ini, kami akan mengarahkan para peserta agar bisa terus berinovasi serta mengikuti perkembangan zaman terutama dari segi teknologi sehingga mereka dapat memperluas jaringan pemasaran produknya. Kami akan mendorong mereka dapat membuka jaringan pasar melalui media sosial maupun e-commerce,” ujar Ayi.

Sementara dalam arahannya, Walikota Sukabumi menyampaikan harapannya  para pelaku UMKM di Kota Sukabumi bisa terus tumbuh dan berkembang. Kepala daerah menginginkan UMKM dapat membantu proses pemulihan perekonomian selama dan pasca pandemi Covid-19.

“Kami meminta kepada para pelaku usaha berskala lebih besar seperti restoran dan hotel untuk turut mendukung kemajuan UMKM dengan menyiapkan ruang khusus pemasaran produk UMKM,” kata Fahmi. (*)

Print Friendly, PDF & Email