DKP3 Luncurkan Program Vaksinasi Rabies untuk Hewan Penular

oleh -
Salah seorang warga Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi menyertakan monyet peliharaannya pada program vaksinasi rabies.

Wartawan Joko Samudro

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi meluncurkan program vaksinasi rabies untuk Hewan Penular Rabies (HPR), Senin (7/6/2021). Vaksinasi rabies tersebut pada hari pertama dilaksanakan di Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

banner 970x90

Program ini akan dijalankan selama beberapa minggu ke depan sampai tercapai target jumlah HPR sekitar 2.000 ekor.  

“Hari ini kami mencanangkan dimulainya vaksinasi rabies dengan target 2.000 ekor Hewan Penular Rabies,” kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Kasi Keswan) DKP3 Kota Sukabumi, drh. Ela Yuliawati kepada wartawan pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi rabies.

Vaksinasi rabies diberlakukan untuk berbagai jenis HPR seperti anjing, kucing, kera, dan monyet, ujar dia. Para pemilik HPR wajib menyertakan hewan peliharaannya itu pada program vaksinasi tersebut untuk mencegah berjangkitnya wabah rabies di tengah masyarakat.

“Kita tahu bahwa rabies merupakan penyakit zoonosis atau dapat menular kepada manusia. Karena itu penularannya harus dicegah sejak dini dari hewan peliharaan,” ujar Ela.

Kasi Keswan mengharapkan program vaksinasi rabies dapat melampaui target 2.000 HPR. Pada tahun 2020, DKP3 berhasil memvaksin sekitar 2.700 HPR dari berbagai jenis hewan.

“Vaksinasi rabies akan dilaksanakan di 7 kecamatan dengan prioritas di tiga kecamatan yakni Baros, Cibeureum, dan Lembursitu,” tutur dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email