Wali Kota: Jangan Sampai Atlet Bulu Tangkis Pindah ke Daerah Lain

oleh -
Penglepasan atlet bulu tangkis asal Kota Sukabumi yang akan mengikuti Turnamen Pemusatan Latihan tingkat provinsi oleh Wali Kota H. Achmad Fahmi.

Wartawan Joko Samudro

Pemkot Sukabumi akan berupaya dengan sekuat tenaga untuk mencegah hengkangnya atlet bulu tangkis berprestasi ke daerah lain. Selama ini cukup banyak atlet dari berbagai cabang olahraga asal Kota Sukabumi yang membela daerah lain pada berbagai kejuaraan dan turnamen.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi pada penglepasan atlet bulu tangkis ke ajang Turnamen Pemusatan Latihan Tingkat Provinsi Jabar di Bandung. Fahmi melepas para atlet tersebut di Balai Kota Sukabumi, Jumat (4/6/2021).

“Untuk menjaga para atlet bulu tangkis berprestasi tidak pindah ke daerah lain, kami akan membahasnya secara khusus dengan pengurus PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) Kota Sukabumi. Sangat disayangkan jika ada pebulu tangkis andalan bertanding untuk membela daerah lain,” kata wali kota setelah melepas para atlet bulu tangkis. 

Kalau itu terjadi Kota Sukabumi akan dirugikan, ujar dia. Sebab PBSI Kota Sukabumi yang menemukan dan menggembleng atlet, ketika dibutuhkan malah dia bertanding untuk daerah lain. Langkah pencegahan yang sama juga akan dilakukan Pemkot Sukabumi untuk cabang olahraga yang lainnya.

Para atlet yang dilepas ke Bandung terdiri dari Dalfa Alya Azzahra dan Yudistira dari  SMAN 1 Kota Sukabumi, Raffa Araam Elfadan siswa MAN 2 Kota Sukabumi, dan Kirana Fitri Maulina siswi SMPN 2 Kota Sukabumi. Semuanya akan mengikuti turneman atas nama Kota Sukabumi.

“Kami akan memberikan penghargaan kepada para atlet bulu tangkis yang berhasil meraih medali emas di turnamen Pelatprov. Kami juga mengharapkan para atlet Kota Sukabumi yang cinta kepada daerahnya yang saat ini membela daerah lain untuk kembali ke Kota Sukabumi,” ujar Fahmi.

Pada acara penglepasan atlet bulu tangkis itu tampak hadir Sekda Kota Sukabumi H. Dida Sembada, Wakil Ketua I PBSI Kota Sukabumi Ivan Rusvansyah, dan pengurus PBSI Nurachman Wijaya yang sehari-hari menjabat Pimpinan Bank BJB Cabang Sukabumi.

Ditemui awak media setelah acara penglepasan atlet, Ivan yang sehari-hari mengabdi sebagai Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi mengatakan, keempat pebulu tangkis yang dilepas telah menjalani pelatihan dan karantina selama tiga hari di Bogor. Mereka terpilih untuk bertanding di Bandung mewakili Wilayah I Bogor.

“Selanjutnya mereka akan mengikuti Turnamen Pemusatan Latihan di Bandung dari tanggal 7 hingga 11 Juni 2021. Atlet yang menjadi juara pada turnamen Pelatprov Jabar akan bertanding pada turnamen Pelatnas,” ujar Ivan.

Pada bagian lain Ivan menyambut rencana Wali Kota Sukabumi yang akan membahas upaya mencegah atlet bulu tangkis pindah ke daerah lain. Dia yakin, atlet-atlet yang akan mengikuti turnamen Pelatprov akan terus membela dan mengharumkan Kota Sukabumi dengan prestasi yang mereka raih. (*)

Print Friendly, PDF & Email