Toserba Tiara akan Dijadikan Mal Pelayanan Publik

oleh -
Lantai teratas Toserba Tiara di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong akan diplot sebagai lokasi mal Pelayanan Publik.

Wartawan Joko Samudro       

Pemkot Sukabumi terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan dan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Terbaru, Pemkot Sukabumi akan meluncurkan Mal Pelayanan Publik yang lokasinya diplot di Toserba Tiara, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

banner 970x90

Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah menjelaskan, proyek strategis tersebut dibiayai oleh APBD Kota Sukabumi Tahun 2021. Mal Pelayanan Publik ini merupakan amanah dari pemerintah pusat yang harus dijalankan oleh pemda. 

“Saat ini Mal Pelayanan Publik sedang dalam proses persiapan, baik sarana maupun prasarananya,” kata Reni kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Pada tahap persiapan tersebut, Pemkot Sukabumi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah mengontrak salah satu lantai di Toserba Tiara.

“Kemungkinan besar Mal Palayanan Publik berada di lantai teratas. Lantai di bawahnya tetap untuk pertokoan dan tempat usaha. Tujuan Mal Pelayanan Publik untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan,  keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” kata dia.

Melalui Mal Pelayanan Publik, masyarakat bisa mendapatkan berbagai jenis pelayanan publik di satu tempat. Untuk mendapatkan berbagai jenis pelayanan, masyarakat tidak perlu mendatangi dinas-dinas atau perangkat daerah. 

Reni memperkirakan, banyak pelayanan yang disediakan di mal tersebut kira-kira 20 jenis antara lain perizinan usaha, membuat dokumen administrasi kependudukan, pembayaran pajak daerah, dan perizinan lingkungan hidup. 

“Hampir semua jenis pelayanan yang diselenggarakan oleh pemda tersedia di Mal Pelayanan Publik. Pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB mengharapkan Kota Sukabumi sudah bisa melaunching Mal Pelayanan Publik sebelum akhir tahun 2021,” jelas Reni.

Di seluruh Indonesia sebanyak 47 kota dan kabupaten telah memiliki Mal Pelayanan Publik. Reni yakin, Kota Sukabumi akan menjadi daerah ke-48 yang memiliki mal tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email