100 Hari Kerja, Pelayanan Dukcapil Semakin Cepat dan Bertambah Baik

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri (tengah) pada acara peluncuran program prioritas 100 hari kerja Bupati dan Wabup Sukabumi pada Disdukcapil dan Diskominfosan.

Wartawan Joko Samudro

Memasuki 100 hari kerja, pasangan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati (Wabup) H. Iyos Somantri meluncurkan program prioritas untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

banner 970x90

Terkait dengan itu, Wabup Iyos memimpin launching program prioritas 100 hari kerja Bupati-Wabup Sukabumi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) bertempat di salah satu hotel di kawasan Selabintana, Kamis (3/6/2021).

“Lewat berbagi inovasi, layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sukabumi harus semakin cepat. Bahkan pembuatan KTP elektronik, KK, dan akta kelaharian bisa diproses dalam waktu satu hari. Pelayanannya semakin cepat, mudah, dan gratis,” kata Iyos dalam sambutan peluncuran program prioritas.  

Peluncuran program prioritas 100 hari kerja itu ditandai dengan penyerahan 18 alat rekam dan pencetak KTP kepada Kantor Kecamatan dan UPTD Disdukcapil  serta penyerahan roadmap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) oleh Diskominfosan.

Wabup mengatakan, inovasi yang diluncurkan harus mendorong terwujudnya pelayanan publik yang faster, cheaper, and better. Faster artinya pelayanan semakin cepat dan efisien. Cheaper artinya lebih murah, pelayanan publik harus gratis atau terjangkau oleh semua kalangan. Adapun better artinya pelayan publik harus lebih baik dari sebelumnya. 

Dia harapkan inovasi yang diluncurkan Disdukcapil dan Diskominfosan itu bisa memberikan energi positif dalam penyelenggaraan pelayanan publik.  Para petugas harus memberikan keramahan bagi masyarakat, misalnya dengan selalu tersenyum kepada siapapun yang membutuhkan pelayanan publik.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Iwan Kusdian menjelaskan, penyerahan 18 alat rekam dan cetak KTP-el kepada kantor kecamatan dan UPTD dapat menunjang terwujudnya pelayanan pembuatan adminduk yang cepat dan mudah. Pelayanan pembuatan KTP bisa dilakukan di kantor kecamatan.

“Sebanyak 18 alat yang diserahkan itu rinciannya untuk 10 untuk kecamatan prioritas dan 8 UPTD. Kami tetapkan Tegalbuleud menjadi salah satu kecamatan prioritas yang menerima alat rekam dan cetak KTP,” ujar Iwan.  

Pada acara itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) dan program percepatan penerbitan KIA usia 13-15 tahun sebanyak 30.000 buah. Selain itu, wabup meresmikan pembentukan kader GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) berbasis komunitas Pramuka.

Sementara itu Plt Kepala Diskominfosan Kabupaten Sukabumi Eki Radiana Rizki mengatakan, dalam roadmap SPBE terdapat berbagai pelayanan yang menjadi prioritas mulai pelayanan di bidang pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, dan desa. 

“Kami tidak hanya membuat roadmap, kami juga mengembangkan sistem informasi desa. Semua desa dan kelurahan di Kecamatan Sukaraja dan Cibadak telah menjadi pilot project kami,” kata Eki. (*)

Print Friendly, PDF & Email