Kota Sukabumi Andalkan Pariwisata untuk Pulihkan Ekonomi

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi (tengah) ketika membuka pelatihan pengelolaan dan pemasaran wisata bagi para pelaku bisnis pariwisata.

Wartawan Joko Samudro

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi yakin sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Dia optimis pariwisata menjadi salah satu sektor andalan dalam membangkitkan perekonomian daerah yang terpuruk akibat guncangan wabah yang memporakporandakan seluruh sektor kehidupan.

banner 970x90

Pernyataan wali kota itu disampaikan ketika membuka pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata yang diadakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi di Hotel Taman Sari, Rabu (2/6/2021).

“Sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai potensi ekonomi pasca terjadinya pandemi Covid-19, kami akan memprioritaskan pengembangan wisata lokal,” kata wali kota.

Kota Sukabumi, ujar dia, memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata lokal antara lain melalui wisata heritage dan wisata kuliner. Sampai sekarang masih banyak potensi-potensi kedua wisata tersebut yang belum disentuh atau dikembangkan.

“Kami harapkan para peserta pelatihan yang merupakan pengelola wisata di Kota Sukabumi dapat semakin menerapkan sitem pengelolaan pariwisata yang baik di tempat usahanya masing-masing. Hal ini penting untuk menunjang perbaikan ekonomi di Kota Sukabumi,” tuturnya. 

Sementara itu, Sekretaris Disporapar Kota Sukabumi, Faridah menjelaskan, tujuan kegiatan yang digelarnya antara lain untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta dalam tata kelola usaha pariwisata. Melalui pelatihan tersebut, para pelaku usaha pariwisata dapat lebih memahami pengelolaan bisnis dan pemasaran destinasi wisata.

“Kami harapkan para peserta pelatihan juga dapat mengetahui komponen-komponen pengembangan dan penyelenggaraan tata kelola dan bisnis dan pemasaran pariwisata,” ujar Faridah.

Pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta dari kalangan pengelola pariwisata. Merekalah ujung tombak pengembangan pariwisata di Kota Sukabumi yang selama ini berkontribusi besar terhadap pertumbuhan budaya, peningkatan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email