Apdesi Harus Menjadi Jembatan untuk Menjawab Permasalahan di Desa

oleh -
Pelantikan Deden Deni Wahyudi sebagai Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi oleh Ketua DPD Apdesi Provinsi Jawa Barat.

Wartawan Joko Samudro

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengharapkan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dapat menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di desa. Pada waktu bersamaan apdesi juga harus menjadi jembatan yang dapat memberikan solusi dan menjawab permasalahan yang terjadi di desa.

banner 970x90

Harapan bupati itu disampaikan dalam sambutan pada acara pelantikan Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025 di aula Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Rabu (2/6/2021).  Peran Apdesi sangat penting dan strategis, ujar bupati, mengingat pembangunan di Indonesia dimulai dari desa.

Pada pelantikan itu Deden Deni Wahyudi dilantik menjadi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025 oleh Ketua DPD Apdesi Provinsi Jawa Barat Dede Kusdinar. Sebagian kepada desa mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui dalam jaringan internet.

“Dengan perannya itu Apdesi harus mendorong para kepala desa untuk memunculkan berbagai ide, gagasan, dan inovasi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa,” kata bupati.

Selain itu, ujar Marwan, Apdesi harus bisa menjawab berbagai persoalan kemasyarakatan melalui peran dan fungsi para kepala desa di wilayahnya masing-masing. Organisasi ini harus dapat mendorong anggotanya untuk menggali potensi yang dimiliki desa masing-masing untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan itu bupati mengajak para kepala desa untuk bersama-sama menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Walaupun Kabupaten Sukabumi berada di zona kuning dengan risiko rendah, kata bupati, hal itu jangan sampai menurunkan disipilin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudi yang sehari-hari mengabdi sebagai Kades Sukakersa Kecamatan Parakansalak menyatakan, Apdesi  hadir untuk mendukung kinerja Pemkab Sukabumi agar semakin maju dan berkembang. Dia akan berupaya dengan sekuat tenaga agar kehadiran Apdesi bisa bermanfaat dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Semoga kepengurusan Apdesi yang baru ini bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan serta menguatkan rasa memiliki terhadap organisasi. Semoga Apdesi bisa lebih maju,” ujar dia. 

Deden terpilih menjadi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025 pada Muscab IV Apdesi Kabupaten Sukabumi yang digelar sekitar 1,5 tahun yang lalu tepatnya tanggal  27 Februari 2020. (*)

Print Friendly, PDF & Email