Kemajuan Teknologi Harus Perkuat Pengamalan Pancasila

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (tengah) bersama Forkopimda Kabupaten Sukabumi mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Pendopo Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Perkembangan dan kemajuan teknologi harus memperkuat pengamalan sila-sila pada Pancasila sebagai ideologi dan cara pandang bangsa. Dengan teknologi informasi, bangsa Indonesia dapat meningkatkan implementasi Pancasila, khususnya sila ketiga yakni Persatuan Indonesia.

banner 970x90

Demikian hal itu disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami setelah mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 secara virtual yang dipimpin  Presiden RI H. Joko Widodo dari Pendopo Sukabumi, Selasa (1/6/2021).

“Pancasila harus menjadi kekuatan yang bisa memberikan semangat di tengah perkembangan teknologi khususnya dalam mengimplementasikan sila ketiga yakni Persatuan Indonesia. Teknologi semakin maju, Pancasila pun harus semakin kuat tertanam di dalam jiwa anak bangsa,” kata bupati.

Menurutnya, pendidikan karakter menjadi salah satu upaya membumikan Pancasila bagi anak bangsa. Di Kabupaten Sukabumi, ujar dia, hal itu tercemin dari berbagai aktivitas generasi muda.

“Misalnya lewat Kepramukaan dan pendidikan anak usia dini. Nilai-nilai Pancasila juga tercermin pada visi-misi Kabupaten Sukabumi,” tutur Marwan.

Pada upacara secara virtual itu, bupati hadir bersama Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dan Forkopimda. Mereka mendengarkan dan menyimak pidato Presiden selaku inspektur upacara.

Dalam amanatnya Presiden mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila harus dijadikan momen untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di tengah arus globalisasi dan interaksi antar negara yang semakin mudah, pendalaman dan pengamalan Pancasila harus semakin kuat.

“Pancasila juga harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Presiden mengajak semua kalangan bersatu padu untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila guna mewujudkan Indonesia Maju. (*)

Print Friendly, PDF & Email