Fahmi Menjamin di Kota Sukabumi Nihil Kasus ASN Fiktif

oleh -
https://pelitasukabumi.com/2021/05/31/14190/kota-sukabumi/wali-kota-pastikan-tidak-ada-asn-fiktif-di-kota-sukabumi/

Wartawan Nanang Setiana

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi memastikan di lingkungan Pemkot Sukabumi tidak ada kasus Aparatur Sipil Negara (ASN) fiktif. Dia menjamin, semua ASN, khususnya PNS di Kota Sukabumi ada orangnya dan jelas tugas pokok dan fungsinya. Dengan demikian, transfer gaji dan tunjangan untuk PNS dari pusat diterima oleh pegawai yang berhak menerimanya dengan data yang benar.

banner 970x90

“Insya Allah di Kota Sukabumi dipastikan tidak ada yang namanya ASN atau PNS fiktif. Jumlah ASN di Pemkot Sukabumi tidak terlalu banyak sehingga relatif mudah mendata dan memantaunya,” kata Fahmi ketika ditemui wartawan di Balai Kota Sukabumi, Senin (31/5/2021).

Seperti ramai diberitakan sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 2014 menemukan hampir 97 ribu PNS fiktif. Para pegawai fiktif itu tidak ada orangnya, tapi gaji dan uang pensiun untuk mereka mengalir dari kas negara.

Dari jumlah PNS sebanyak kurang lebih 3.600 orang di Pemkot Sukabumi, kata Fahmi, sampai sekarang belum ditemukan pegawai fiktif. Dengan jumlah sebanyak itu, dia dan jajarannya relatif lebih mudah mendata dan memantau pegawai.

“Apalagi kami telah menerapkan sistem absensi digital. Jadi tidak mungkin ada pegawai yang tidak terdata atau fiktif,” kata wali kota.

Pada bagian lain Fahmi mengatakan, saat ini jajarannya sedang melakukan pemantauan terhadap tingkat disiplin pegawai. Sejak pertengahan 2020, Pemkot Sukabumi sebagaimana pemda-pemda di seluruh Indonesia mulai menerapkan sistem Work From Home (WFH) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“WFH diprioritaskan bagi pegawai yang sakit. Namun terkadang masih saja  ada pegawai yang bekerja secara WFH padahal kondisinya sehat. Makanya kami sekarang sedang fokus memantau tingkat kedisiplinan pegawai,” tutur wali kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email