Terapkan Prokes, Pembagian BLT Tahap 5 di Cipeundeuy Berjalan Lancar

oleh -
Kepala Desa Cipeundeuy, Bakang Anwar As’adi secara simbolis menyerahkan BLT DD tahap V kepada salah seorang penerima bantuan.

Wartawan Dicky Sopyan

Pemerintah Desa (Pemdes) Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap ke-5. Pembagian bantuan tersebut diselenggarakan di aula Desa Cipeundeuy disertai prosedur penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

banner 970x90

Pada pembagian BLT itu, seluruh hadirin, baik perangkat desa, penerima bantuan, maupun tim monitoring mengenakan masker. Mereka juga menjaga jarak ketika duduk di aula balai desa. Sebelum memasuki ruangan, hadirin mencuci tangan. Para penerima bantuan diwajibkan memakai masker dan duduk dengan menjaga jarak ketika berada dalam antrean.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Desa Cipeundeuy, Bakang Anwar As’adi kepada beberapa penerima, salah satunya Gandi yang bertugas sebagai polisi desa. Secara keseluruhan BLT DD tahap V diberikan kepada 139 keluarga penerima manfaat yang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp300 ribu.  

“Alhamdulillah pembagian BLT dari desa sejak tahap pertama sampai tahap kelima berjalan dengan lancar, sesuai target waktu dan jumlah,” kata Bakang setelah menyerahkan bantuan secara simbolis.

Bantuan diberikan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Karena itu, para penerima bantuan menunjukkan kesadaran yang tinggi dalam menerapkan prokes karena mereka menginginkan pandemi ini segera berlalu.

“Para penerima bantuan mengalami pahitnya hidup di tengah wabah Covid-19. Wajar kalau mereka bersemangat sekali memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Virus Corona,” ujar dia.

Kades Bakang mengharapkan para penerima bantuan dapat menggunakan BLT dengan sebaik-baiknya untuk belanja kebutuhan yang mendesak. Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban para KPM selama menjalani masa pandemi, ujarnya. 

Sebagian besar penerima BLT DD tahap V mentaati protokol kesehatan antara lain memakai masker dan menjaga jarak ketika menunggu giliran dipanggil oleh tim perangkat desa.

Salah satu penerima bantuan bernama Hendi mengucapkan terima kasih kepada pemdes yang telah memberikan BLT DD untuk keluarganya. Dia berjanji akan menggunakan dana yang diterimanya dengan sebaik-baiknya sesuai aturan.

“Saat ini musim susah mencari uang gara-gara Virus Corona. Semoga virus jahat ini segera hilang agar kami dapat beraktivitas kembali dengan normal,” tuturnya.

Hendi siap ambil bagian dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terkait dengan itu, dia selalu mentaati prokes. Hendi juga menyatakan akan mengikuti Vaksinasi Covid-19 jika sudah tiba waktunya yang ditetapkan oleh pemerintah. (*)

Print Friendly, PDF & Email