Wali Kota Perintahkan SKPD Tingkatkan Penyerapan Anggaran

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan perintah kepada SKPD untuk memaksimalkan penyerapan anggaran pada APBD tahun 2021.

Wartawan Joko Samudro

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi memerintahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memaksimalkan penyerapan anggaran pada APBD tahun 2021. Sampai sekarang tingkat penyerapan anggaran masih relatif rendah yang terpantau dari pengalokasian untuk program dan kegiatan termasuk anggaran untuk refocusing penanganan Covid-19 selesai di setiap SKPD. 

banner 970x90

“Semua SKPD harus segera memaksimalkan penyerapan anggaran melalui berbagai kegiatan yang telah diprogramkan. Penyerapan anggaran masih rendah,” kata Fahmi di Balai Kota Sukabumi, Jumat (28/5/2021).

Permintaan wali kota itu merupakan respon langsung dari Presiden RI H. Joko Widodo pada pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat dan para bupati/wali kota se-Jabar di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (27/5/2021) kemarin. Pada pertemuan itu terungkap secara umum tingkat penyerapan anggaran di Jabar masih rendah.

“Pak Presiden memaparkan bahwa penyerapan anggaran pada semester pertama di kota dan kabupaten se-Jawa Barat masih minim. Rata-rata baru 12 persen. Kepala negara meminta daerah untuk membelanjakan APBD secepatnya yang tentunya sesuai dengan perencanaan,” ujar wali kota. 

Di sisi lain, Fahmi mengakui adanya kendala terhadap penyerapan anggaran terkait dengan proses proses refocusing  untuk penanganan Covid-19. Tahun ini APBD Kota Sukabumi terkena refocusing sekitar 40 persen untuk setiap SKPD. Besarannya bervariasi.

Peningkatan penyerapan anggaran untuk membiayai kegiatan di SKPD, ujar wali kota, berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi masyarakat yang tengah terpuruk oleh serangan pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden, kami siap melakukan penyerapan anggaran melalui SKPD, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN,” tambahnya.

Pada intinya, lanjut dia, kegiatan-kegiatan yang bersumber dari anggaran pemerintah harus segera direalisasikan. Dengan bergulirnya dana APBD, kepala daerah yakin akan terjadi peningkatan peredaran uang di masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email