Wabup dan BPBD Jabar Serahkan Bantuan DTH kepada Korban Pergerakan Tanah

oleh -
Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat H. Dani Ramdan menyerahkan bantuan dana tunggu hunian kepada korban bencana pergerakan tanah di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Pemkab Sukabumi bersama BPBD Provinsi Jawa Barat menyerahkan bantuan berupa dana tunggu hunian (DTH) kepada para korban pergerakan tanah di Desa Cijangkar dan Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dan Kepala Pelaksana BPBD Jabar, H. Dani Ramdan, Jumat (28/5/2021) siang.

banner 970x90

DTH merupakan salah satu skema bantuan dari pemerintah bagi para korban bencana yang sedang menunggu relokasi ke tempat yang lebih aman. Kegiatan penyerahan bantuan DTH yang disertai sembako itu diselenggarakan di SDN Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung. Jumlah penerima bantuan sebanyak 137 KK.  

“Korban terdampak pergerakan tanah akan mendapatkan DTH untuk enam bulan. Dana yang diberikan tersebut untuk mengontrak rumah. Selain itu kami juga memberikan sembako kepada para korban pergerakan tanah,” kata wabup di sela pembagian bantuan. 

Pemkab Sukabumi, ujar dia, terus berupaya untuk merelokasi para korban bencana pergerakan tanah. Salah satunya menggunakan lahan milik PTPN VIII. Terkait hal ini Pemkab Sukabumi telah mengajukan izin penggunaan lahan perkebunan kepada PTPN VIII Bandung.

 “Kami telah mendatangi PTPN VIII di Bandung untuk meminta izin penggunaan lahan relokasi. Kami juga akan membantu menyediakan bahan bangunan untuk pembangunan rumah di tempat relokasi,” jelasnya. 

Pada kesempatan itu, Iyos mengajak masyarakat untuk terus bersiaga mengingat bencana tidak diketahui datangnya. Terlebih wilayah Kabupaten Sukabumi merupakan daerah rawan bencana.

“Semoga para korban bencana selalu sabar, ikhlas, dan tawakal. Mari bersama-sama berdoa, semoga bencana ini cepat berlalu. Semoga kita semua selalu dilindungi  Allah SWT. Amin,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat H. Dani Ramdan mengatakan, penanganan korban pergerakan tanah di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi harus serius dan diprioritaskan. Sampai sekarang lokasi yang dilanda pergerakan tanah belum benar-benar aman untuk dijadikan tempat hunian kembali.  

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi atas kesigapan dalam penanggulangan bencana pergerakan tanah ini,” tutur Dani.

Salah seorang warga terdampak bencana pergerakan tanah Enjang Rohmat menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan DTH dan sembako.  Dia berjanji akan menggunakan DTH untuk menyewa rumah yang layak di tempat yang aman.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Semoga kebaikan pemerintah dibalas oleh Allah SWT,” ujar Enjang. (*)

Print Friendly, PDF & Email