Perumda Harus Memberikan Nilai Tambah bagi Perekonomian Masyarakat

oleh -
Pelantikan direksi dan anggota Dewan Pengawas BUMD oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengharapkan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) di Kabupaten Sukabumi bisa ikut berperan dalam mewujudkan titik balik pertumbuhan ekonomi. Dengan segala potensi dan kapasitasnya, Perumda bisa memberikan nilai tambah bagi perbaikan perekonomian masyarakat.

banner 970x90

Hal itu dikatakan bupati ketika melantik jajaran direksi dan Dewan Pengawas BUMD bertempat di aula Setda Kabupaten Sukabumi, Pelabuhanratu, Selasa (25/5/2021). Pada tahun 2020, ujar Marwan, Kabupaten Sukabumi mengalami pertumbuhan ekonomi negatif.

“Pada tahun 2021 Kabupaten Sukabumi diharapkan bisa mencapai titik balik pertumbuhan ekonomi menjadi positif. Perumda harus ikut ambil bagian dalam mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut,” ujar bupati.

Pada kegiatan itu bupati melantik Eneng Dewi Komalasari, S.E. sebagai Direktur Utama Perumda Aneka Tambang dan Energi periode 2021-2026; Nina Oktaria, S.E., C.R.B.D sebagai Direktur Pemasaran Perumda BPR Sukabumi periode 2021-2026; dan Any Tri Hendarini, S.P., M.Si sebagai anggota Dewas Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri periode 2021-2025.

Selanjutnya Aep Saepul Hayat, S.E.I. dan Bayu Risnandar, S.Pd.I. masing-masing sebagai anggota Dewas Perusahaan Umum Daerah Agro Sukabumi Mandiri periode 2021-2025.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Inspektur Kabupaten Sukabumi Dedi Sutadi, S.H.  dan Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, S.H., M.M.

Bupati  mengamanatkan kepada seluruh Dewas dan Direksi BUMD Kabupaten Sukabumi untuk membangun kebersamaan dan perhatian yang tinggi dalam pengurusan perusahaan daerah.

Kepada anggota Dewas, bupati mengingatkan, Dewas adalah wakil atau kuasa dari pemilik perusahaan. Karena itu, dalam melaksanakan tugas harus selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan KPM (Kuasa Pemilik Modal). Dewas, kata dia, mesti selalu melakukan koordinasi dan pembinaan kepada jajaran direksi maupun karyawan.

“Hal ini penting untuk mencapai Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) dengan sebaik-baiknya. Seluruh jajaran Perumda juga harus dapat menjalankan peran sebagai mediator dan fasilitator bagi usaha kecil dan petani,” kata bupati. (*)

Print Friendly, PDF & Email