Kecamatan Caringin Sukses Pertahankan Status Zona Hijau

oleh -
Pos pemeriksaan rapid test antigen di Desa Talaga, dari kiri ke kanan Sekdes Talaga Deden Suhendi, Kapolsek Caringin Iptu Syarifudin, Kades Talaga H. Aep Saefullah, Camat Caringin Anwari, Kepala Puskesmas Caringin Ade Rahman, dan Danpos Caringin Pelda Rahman Mania.

Wartawan Nanang Setiana

Guna mempertahankan status zona hijau, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, Satgas Covid-19 Kecamatan Caringin menggencarkan rapid test antigen.

banner 970x90

Dari upaya yang dilakukan oleh unsur pemda, TNI, dan Polri, hasilnya wilayah Kecamatan Caringin  masuk ke dalam zona hijau Covid-19. Sampai dengan pertengahan bulan lalu, di kecamatan ini tidak ditemukan satu pun warga  terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona.

“Kami terus menggencarkan rapid test antigen. Selama dua minggu terakhir ini, tidak ada laporan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi adanya temuan kasus baru Virus Corona di wilayah Kecamatan Caringin,” kata Camat Caringin, Anwari di sela-sela pelaksanaan rapid test antigen di Jalan Raya Talaga, Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Sabtu (22/5/2021).

Kegiatan rapid test antigen, ujar dia, merupakan bagian dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sasarannya adalah pengguna jalan yang melintas di tempat rapid test.

“Kami memberikan perhatian khusus kepada warga yang berasal dari luar wilayah,” tutur camat.

Pada kegiatan itu, tim gabungan memberhentikan kendaraan yang melintas di depan posko. Selanjutnya tim medis dari Puskesmas Caringin langsung melakukan pemeriksaan rapid test antigen kepada pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor. 

Hasil pemeriksaan dapat diketahui dalam selang waktu 3 menit. Tim gabungan langsung melakukan langkah-langkah lanjutan terhadap warga yang hasil tesnya reaktif Covid-19 dengan pemeriksaan lebih jauh oleh tim medis. Sementara untuk warga yang nonreaktif, tim mempersilakan mereka melanjutkan perjalanan.  

Pada rapid test itu, Puskesmas Caringin menerjunkan tiga tim yang ditempatkan di desa-desa Talaga, Caringin Wetan, dan Desa Pasir Datar Indah.

Di tempat yang sama, Kapolsek Caringin, Iptu Syarifudin menyampaikan,  rapid test tersebut sebagai bentuk antisipasi dini terhadap penyebaran Covid-19. Dia mengharapkan rapid test antigen dapat mempertahankan status zona hijau di Kecamatan Caringin.

Kepala Puskesmas Caringin, Ade Rahman mengatakan, status zona hijau sangat melegakan. Namun demikian, kata dia, warga diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Warga harus tetap memamaki masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan ketika beraktivitas di ruang publik. (*)

Print Friendly, PDF & Email