Pemkot Terima Opini WTP Ketujuh Kali dari BPK RI

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Ahmad Fahmi (kanan) dan Ketua DPRD H. Kamal Suherman (kedua dari kiri) ketika menerima LHP LKPD tahun anggaran 2020 dengan opini wajar tanpa pengecualian.

Wartawan Nanang Setiana

Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat. Prestasi ini merupakan yang ketujuh kalinya yang berhasil diraih oleh Pemkot Sukabumi.

banner 970x90

Opini WTP ketujuh tersebut diterima Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 di Gedung BPK RI, Jalan Moh. Toha Kota Bandung, Jumat (21/5/2021).

Pada penyerahan LHP LKPD itu, Fahmi hadir bersama Ketua DPRD Kota Sukabumi, H. Kamal Suherman, Sekretaris Daerah, H. Dida Sembada, dan para pejabat terkait. Wali Kota mengucapkan rasa syukur atas apresiasi yang telah diberikan BPK RI terhadap LKPD Kota Sukabumi.

“Opini BPK merupakan pernyataan profesional pemeriksaan mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dan bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah daerah sudah terbebas dari fraud atau kecurangan lainnya,” kata Fahmi seusai menerima LHP LKPD.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran SKPD. Tanpa dukungan SKPD tidak mungkin akan kembali meraih WTP yang ke-7 kalinya,” tambahnya.

Dia berpesan kepada SKPD agar tidak berpuas diri dengan apa yang telah dicapai. Tantangan ke depan berbeda dan semakin berat, termasuk pengelolaan keuangan yang juga terus berubah. 

“Kepada SKPD agar melaksanakan perencanaan dan pengelolaan keuangan sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah. Selain itu catatan dan rekomendasi BPK akan ditindaklanjuti dengan baik oleh seluruh SKPD,” kata Fahmi. (*)

Print Friendly, PDF & Email