Desa Citamiang dan Cimerang Selenggarakan Vaksinasi Massal

oleh -
Camat Purabaya Nunung Nurhayati (kedua dari kanan) bersama jajaran Muspika Purabaya ketika monitoring pembagian BLT DD di Desa Purabaya.

Wartawan Hamjah

Dua desa di wilayah Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat  menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal untuk pelayan publik dan kelompok warga lanjut usia (lansia). Vaksinasi digelar di desa masing-masing yaitu Desa Citamiang dan Desa Cimerang, Jumat (21/5/2021).

banner 970x90

Pelaksanaan vaksinasi itu bersamaan waktunya dengan pembagian BLT dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021. Di desa-desa lainnya, kegiatan yang diselenggarakan hanya pembagian BLT DD tanpa vaksinasi. Baik kegiatan vaksinasi di Citamiang dan Cimerang maupun pembagian BLT DD berjalan dengan lancar dan sesuai target.

“Dengan adanya vaksinasi di dua desa, kami harapkan akan meningkatkan imunitas pelayan publik dan warga lansia. Vaksinasi di desa-desa lainnya segera menyusul,” kata Camat Purabaya, Nunung Nurhayati ketika ditemui di Desa Cimerang.

Pelaksanaan vaksinasi, ujar dia, akan ditindaklanjuti dengan pengetatan protokol kesehatan (prokes). Warga di Desa Cimerang dan Desa Citamiang harus meningkatkan disiplin dalam menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir ketika beraktivitas di ruang publik.

Camat juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Penerapan protokol 3M harus diperketat dan terus ditingkatkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Walaupun telah mengikuti Vaksinasi Covid-19 tidak berarti masyarakat dapat mengendurkan penerapan protokol kesehatan. Justru setelah vaksinasi, protokol kesehatan harus ditingkatkan,” ujar Nunung.

Harapan dan imbauan Camat Purabaya itu dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat yang mengikuti pembagian BLT DD dan vaksinasi. Semua warga yang hadir di desa memakai masker dan mereka menjaga jarak satu sama lain. Warga juga mencuci tangan sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan di desa.

“Vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan imunitas masyarakat. Penerapan protokol kesehatan selalu menjadi perhatian kita supaya tidak ada kluster baru penyebaran Covid-19,” kata Camat Purabaya.

Adapun desa-desa yang melaksanakan pembagian BLT DD selain Citamiang dan Cimerang terdiri atas Purabaya, Cicukang, Neglasari, Pagelaran, dan Margaluyu. (*)

Print Friendly, PDF & Email