Wakil Wali Kota Instruksikan Semua SKPD Wujudkan Satu Data

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami menandatangani pakta integritas untuk mewujudkan Satu Data Kota Sukabumi bersama Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi (kanan).

Wartawan Nanang Setiana

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami meminta seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk berkomitmen mewujudkan Satu Data Kota Sukabumi. Dengan satu data, masyarakat dapat memperoleh informasi seputar Kota Sukabumi dari satu sumber yang lengkap dan komprehensif.

banner 970x90

Menurut wakil wali kota, data itu harus mudah diakses, makanya perlu membentuk komitmen untuk memenuhi Metadata dari seluruh informasi yang dapat diberikan atas  kegiatan yang dilakukan oleh perangkat daerah. 

Pernyataan wali kota itu disampaikan ketika membuka rapat koordinasi (rakor) evaluasi dan validasi Metadata 2021 di Balai Kota Sukabumi, Selasa (18/5/2021). Dia mengingatkan, pengelolaan dan penyusunan Metadata merupakan penerapan salah satu misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Untuk itu saya kembali menegaskan kepada setiap kepala SKPD untuk berkomitmen mewujudkan Satu Data Kota Sukabumi,” kata Andri.

Harapannya melalui sistem Satu Data Kota Sukabumi, pengelolaan data bisa semakin baik dan mudah diakses oleh semua kalangan serta tersajinya data yang akurat. 

Dalam rakor tersebut turut hadir Sekda Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, Kepala BPS Kota Sukabumi, Suhardono dan perwakilan BPS Jawa Barat, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi, dan para kepala SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi.

Semua kepala SKPD menunjukkan kesungguhannya untuk memenuhi harapan wakil wali kota dengan menandatangani pakta integritas siap mewujudkan Satu Data Kota Sukabumi. Mereka berkomitmen untuk memenuhi instruksi wakil wali kota.

Pada kesempatan itu, para kepala SKPD juga menandatangani pakta integritas  Zona Integritas untuk Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sementara itu Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi menambahkan,  dalam mewujudkan Satu Data Kota Sukabumi, jajarannya melalui Bidang Statistik, Persandian dan Keamanan Informasi terhitung sejak 26 April hingga 10 Mei 2021 bersama seluruh SKPD dan BPS Kota Sukabumi telah mengiventarisir  dan memvalidasi Metadata. 

Dalam kegiatan tersebut terkumpul 686 Metadata variabel dan 460 metadata indikator.

“Harus ada penguatan SDM (Sumber Daya Manusia) yang  menangani pengelolaan data pada setiap SKPD,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email