Bupati Tegaskan Jajarannya Telah Mengantisipasi Lonjakan Covid-19

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bersama jajaran Forkopimda Kabupaten menyimak arahan dari Presiden RI yang disiarkan secara daring ke seluruh Indonesia.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menegaskan, jajarannya telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten  setelah masa libur dan cuti bersama Idul Fitri 1442 Hijriyah. Forkopimda Kabupaten menggelar operasi penyekatan untuk mencegah pemudik masuk atau meninggalkan wilayah Kabupaten .

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan setelah mengikuti kegiatan pengarahan Presiden RI kepada para kepala daerah se-Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Senin (17/5/2021). Bupati dan jajaran Fokopimda Kabupaten Sukabumi mengikuti pengarahan tersebut di Pendopo Sukabumi.

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah sedari awal mengantisipasi lonjakan pemudik, salah satunya dengan menutup semua akses kedatangan ke Kabupaten Sukabumi. Penutupan akses ini dilakukan bersama TNI dan Polri,” ujar bupati. 

Selain itu Dinas Kesehatan telah menyiapkan fasilitas dan sumber daya untuk tes antigen di daerah yang paling berpotensi terjadi penyebaran Covid-19. Ini untuk mengantisipasi bertambahnya kasus baru Covid-19. Pemkab Sukabumi juga menerapkan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berskala mikro. 

“Kita secara intensif menyelenggarakan testing, tracing, dan treatment. Bahkan proses tracing di Kabupaten Sukabumi melibatkan berbagai pihak dengan tujuan agar bisa melakukan pelacakan sampai ke akar-akarnya. Sehingga tidak ada warga yang berpotensi terinfeksi Virus Corona terlewat dari proses tracing,” ujar dia.

Mengenai keterisian tempat tidur di rumah sakit, bupati menyebutkan persentasenya di bawah 50 persen yakni sekitar 30 persen. Artinya masih bisa mengantisipasi jika terjadi kasus positif Covid-19 yang baru. Sementara angka kesembuhan mencapai hampir 95 persen.  

Pada rapat itu, bupati hadir bersama Ketua DPRD Yudha Sukmagara, Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri, Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif, dan Dandim 0607 Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo.

Para peserta rapat dengan serius mengikuti arahan Presiden H. Joko Widodo yang antara lain mengatakan, pasca Idul Fitri 1442 Hijriah semua daerah harus hati-hati terhadap ancaman kenaikan kasus baru Covid-19 akibat kegiatan mudik. Semua daerah harus menggencarkan testing, tracing, dan treatment agar pencegahan Covid-19 bisa dilakukan sedini mungkin. (*)

Print Friendly, PDF & Email