Wabup Hadiri Launching UPZ Kejari Kabupaten Sukabumi

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri mengapresiasi kiprah dan keberadaan UPZ Kejari Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Nanang Setiana

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Iyos Somantri mengapresiasi dan menyambut kehadiran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi masa bakti 2021-2026. Kehadiran UPZ di lingkungan Kejari diyakini wabup dapat mendorong terwujudnya visi Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Apresiasi wabup itu disampaikan saat menghadiri launching UPZ  Kejari Kabupaten Sukabumi masa bakti 2021 – 2026 di Aula Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Jalan Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Senin (26/4/2021).

Pelantikan jajaran UPZ Kejari Kabupaten Sukabumi masa bakti 2021-2026 dipimpin oleh Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, H. Unang Sudarma. Pada pelantikan itu tampak hadir Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi, Bambang Yulianto, S.H.

Dalam sambutan pelantikannya, Unang menyampaikan kebanggaannya atas kiprah dan keberadaan UPZ Kejari Kabupaten Sukabumi. Karena eksistensi UPZ tersebut dapat membantu Baznas Kabupaten Sukabumi dalam melaksanakan program-programnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Baznas Kabupaten Sukabumi telah lama meluncurkan program-program sosial untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, dan tempat tinggal,” kata Unang.

Program bantuan untuk tempat tinggal berupa renovasi rumah tidak layak huni (RTLH). Baznas Kabupaten Sukabumi juga mempunyai program beasiswa untuk siswa berprestasi, khususnya dari kalangan kaum dhuafa. Selain itu ada bantuan permodalan untuk pelaku usaha mikro.

“Jadi apabila masyarakat menyalurkan zakatnya melalui UPZ, insya Allah manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya mustahik zakat,” jelas dia.

Sementara itu Bambang Yulianto menyatakan rasa bahagia atas kepercayaan yang diberikan Baznas Kabupaten Sukabumi untuk mengumpulkan zakat dari jajaran  Kejari Kabupaten Sukabumi. Dia pun meminta kepada seluruh pengurus UPZ Kejari Kabupaten Sukabumi untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Semoga tugas yang diemban bisa dilaksanakan dengan baik. Jadikanlah kepercayaan ini sebagai motivasi dan pendorong dalam melaksanakan tugas,” kata Bambang.

Sementara itu, Wakil Bupati mengharapkan pengelolaan UPZ Kejari dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi nyata pada pencapaian visi Kabupaten Sukabumi yang relijius, maju, dan inovatif  dalam mewujudkan masyarakat sejahtera lahir dan batin.

“Ada tiga dimensi dalam pengelolaan zakat. Pertama dimensi spritual yang menyangkut hubungan vertikal antara manusia dengan Allah SWT. Dalam hubungan ini sebagai umat muslim kita berkewajiban membayarkan zakat sesuai dengan ketentuan syariat,’ kata Iyos. 

Kedua dimensi sosial yang erat kaitannya dengan konsep berbagi di antara sesama. Dan ketiga dimensi ekonomi yang salah satu bentuknya bantuan untuk pengembangan ekonomi pelaku usaha mikro dan pembinaan usaha mandiri masyarakat oleh Baznas.

Di akhir acara, Bambang menyerahkan zakat hartanya kepada pengurus UPZ Kejari  Kabupaten Sukabumi. (*)  

Print Friendly, PDF & Email