Dinas Kesehatan Mengawali Vaksinasi bagi Lansia

oleh -
Warga dari kalangan lansia di Kota Sukabumi tetap semangat mengikuti Vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan karena berdasarkan Fatwa MUI, vaksinasi tidak membatalkan puasa.

Wartawan Nanang Setiana

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi mulai melaksanakan Vaksinasi Covid-19 bagi kalangan warga lanjut usia (lansia) bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Rabu (21/4/2021). Para vakasinator memberikan suntikan Vaksin Covid-19 kepada para lansia yang telah mendaftar secara online maupun melalui kantor kecamatan.

“Di Kota Sukabumi sasaran vaksinasi untuk lansia mencapai sekitar 33.000 orang. Sampai sekarang terdapat 11.000 warga lansia yang menunggu jadwal penyuntikan Vaksin Covid-19,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati ketika ditemui di tengah pelaksanaan vaksinasi.

Pada tahap pertama, vaksinsi akan dilaksanakan selama periode 21 sampai dengan 23 April 2021. Setelah itu vaksinasi dilanjutkan pekan depan untuk menuntaskan target warga lansia yang diberi suntikan Vaksin Covid-19.

“Adapun vaksinasi yang saat ini dimulai per harinya dapat melayani  650 orang lansia,” ujarnya. 

Lulis juga menyampaikan bahwa sesuai Fatwa MUI pelaksanaan vaksinasi selama bulan Ramadan tidak membatalkan puasa. Adanya fatwa tersebut membuat para lansia tetap antusias mengikuti Vaksinasi Covid-19. Dia yakin para lansia tidak meragukan kebenaran dari Fatwa MUI tesebut.

“Semangat para lansia dalam mengikuti vaksinasi ini cukup tinggi. Mereka tetap antusias mengikuti tahapan-tahapan vaksinasi termasuk menunggu selama 30 menit setelah penyuntikan untuk pemantauan KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi,” jelas Lulis.  

Selain untuk lansia, vaksinasi juga diberikan kepada kalangan pendidik dan tenaga kependidikan yang belum mendapatkan vaksinasi pada tahap sebelumnya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email