Api Menghabiskan Dua Rumah dan Isinya di Desa Curugluhur

oleh -
Kobaran api yang dipicu arus pendek listrik melumatkan rumah milik Isam dan Jejen di Desa Curugluhur, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Hamjah

Dua rumah milik Isam (65) dan Jejen (40) di Kampung Sindanghayu RT 04 RW 04 Desa Curugluhur, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi habis terbakar, Selasa (20/4/2021) malam sekitar pukul 19.15 WIB. Dalam musibah ini, amukan api hanya menyisakan dinding tembok rumah Jejen, semua barang di kedua rumah habis menjadi arang.

Isan dan Jejen bertetangga, rumah mereka berdempetan. Pada waktu api menyala, semua penghuni rumah sedang berada di masjid untuk menjakankan shalat tarawih. Hanya Isam yang ada di rumahnya karena dia sedang sakit.  

Isam menerangkan selewat pukul tujuh malam tiba-tiba terjadi korsleting listrik di bagian atap rumahnya. Lalu muncul nyala api yang merembet ke benda-benda yang mudah terbakar.

Melihat api sudah memenuhi rumahnya, Isam berteriak sekencang-kecangnya. Teriakan Isam terdengar oleh tetangganya bernama Wawan. Dengan gesit,  Wawan menerobos ke dalam rumah dan berhasil membebaskan Isam dari kepungan api. 

Warga yang lain berdatangan ke lokasi kebakaran. Namun api sudah terlanjur berkobar dan merembet ke rumah Jejen. Mereka berupaya untuk mematikan api dengan peralatan seadanya. Beberapa menit kemudian datang mobil pemadam kebakaran.

Warga masih bisa menyelamatkan sepeda motor milik Jejen. Namun barang yang lainnya habis terbakar, tidak bersisa.

Para petugas damkar bisa memadamkan api sekitar pukul 20.45 WIB. Akibat kejadian tersebut, Jejen dan Isam mengalami kerugian sekitar Rp200 juta.

Jumlah anggota keluarga Jejen sebanyak 4 orang, 2 orang diantaranya masih duduk di bangku SMP. Sedangkan jumlah keluarga Isam sebanyak 2 orang. 

“Saat ini korban diungsikan sementara ke rumah kerabat dan tetangga terdekat. Karena kondisi rumah mereka sudah tidak mungkin bisa ditempati lagi,”  kata seorang staf desa yang ditemui di lokasi kebakaran. (*)   

Print Friendly, PDF & Email