Rapat Forum Satu Data Bahas Penyusunan Metadata

oleh -
Rapat teknis Forum Satu Data dalam rangka pembahasan penyusunan metadata yang diselenggarakan Diskominfo Kota Sukabumi di Bappeda Kota Sukabumi.

Wartawan Nanang Setiana

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi melalui Bidang Stastistik, Persandian dan Keamanan Informasi menggelar rapat teknis Forum Satu Data dalam rangka pembahasan awal untuk penyusunan metadata. Program metadata merupakan implementasi dari satu data.

Rapat teknis digelar di Kantor Bappeda Kota Sukabumi, Selasa (20/4/2021) dengan Diskominfo sebagai penyelenggara.

Kepala Bidang Statistik, Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Kota Sukabumi, Eneng Rahmi menjelaskan, rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Forum Satu Data sebelumnya yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada.

“Pada pertemuan Forum Data sebelumnya, Pak Sekda meminta dinas serta instansi terkait untuk segera membentuk forum yang diawali dengan penyusunan metadata,” kata Eneng.

Adapun rapat teknis kali ini membahas penyusunan metadata yang mencakup unsur metadata kegiatan, metadata indikator, dan metadata variabel.

Ketiga unsur tersebut nantinya akan disatukan dalam Satu Data Kota Sukabumi yang terkait  dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah).

“Keberadaan satu data memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah untuk mempermudah penyusunan perencanaan pembangunan,” ujar Eneng.

Dalam pembuatan metadata, lanjut dia, ada tiga instansi yang terlibat aktif dan memiliki peran penting yaitu Diskominfo, Bappeda, dan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi vertikal.

“BPS akan berperan dalam penentuan indikator makro, sedangkan Bappeda berperan dalam menjabarkan indikator kinerja utama dan Diskominfo akan memberikan asistensi kepada seluruh instansi yang terkait dalam penyusunan metadata,” tutur Eneng. (*)

Print Friendly, PDF & Email