Bupati Menerima Rombongan Audensi Forum Doktor Sukabumi

oleh -
Para ilmuwan yang tergabung di dalam Forum Doktor Sukabumi (FDS) menyampaikan saran dan ide dalam audensi dengan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengharapkan hasil kajian dari para doktor di Sukabumi dapat dijadikan role mode pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Di Sukabumi banyak sarjana bergelar doktor yang dapat memberikan sumbangan pemikiran dan ide melalui hasil kajian ilmiah untuk kemajuan daerah.

“Kami harapkan hasil kajian para doktor di Sukabumi dapat menjadi model utama dalam pembangunan di daerah,” kata bupati ketika menerima rombongan Forum Doktor Sukabumi (FDS) yang menggelar audensi di Pendopo Sukabumi, Selasa (20/4/2021).

Para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu yang berkunjung ke Pendopo itu dipimpin oleh Ketua FDS, DR. Maman Abdurahman yang sehari-hari menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi. Bupati menerima rombongan FDS dengan antusias sebagai mitra diskusi bertema memajukan dan  membangun Kabupaten Sukabumi.  

“Berkumpulnya sejumlah kaum intlektual bergelar doktor tentu akan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat, terutama dalam melahirkan gagasan-gagasan untuk memajukan pembangunan,” kata Marwan.

Dalam memecahkan persoalan di daerah, ujar dia, Pemkab Sukabumi akan memberikan ruang bagi FDS dalam konteks penetrasi keilmuannya. Sehingga, gagasan dari berbagai disiplin ilmu bisa diimplementasikan dalam kebijakan pemda. 

“Forum doktor ini bisa terlibat dalam memberikan hasil kajiannya. Dan memungkinkan kajian-kajian tersebut bisa dijadikan role model pembangunan,” terangnya.

Di tempat yang sama Ketua FDS Maman Abdurahman mengatakan, Sukabumi memiliki banyak doktor dari berbagai disiplin ilmu. Sebagian besar Doktor tersebut, tergabung dalam satu wadah organisasi yaitu FDS. Dia mengharapkan kehadiran FDS bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan Sukabumi. 

Selama ini FDS ikut berkiprah dalam sejumlah kegiatan di lingkungan pemerintahan di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya terlibat aktif dalam penyusunan RPJMD. Dalam rancangan teknokratis dan uji publik RPJMD, para doktor dari FDS ikut terlibat secara intens.

“Kami mengharapkan ke depan FDS bisa lebih intensif dalam mencermati potensi daerah dan memberikan masukan untuk perencanaan pembangunan di Sukabumi. Dengan demikian akan terjalin keharmonisan dan sinergitas antara FDS dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” ujar Maman.

FDS juga, lanjut dia, akan terlibat dalam perumusan program-program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email