Masyarakat Desa Cipeundeuy Sumringah Terima Sertifikat PTSL

oleh -
Bhabinkamtibmas Desa Cipeundeuy Bripka Yudi Sukmawan menyerahkan sertifikat kepada salah seorang peserta program PTSL.

Wartawan Dicky Sopyan

Sebanyak 117 Kepala Keluarga (KK) di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi tampak sumringah dan bahagia lantaran telah mendapatkan sertifikat dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahap pertama.

Pembagian sertifikat PTSL diselenggarakan di Aula Kantor Desa Cipeundeuy, Sabtu (10/4/2021). Sertifikat diberikan secara simbolis kepada para penerima oleh petugas Kantor BPN Kabupaten Sukabumi Jumalianto bersama Kepala Desa Cipeundeuy Bakang Anwar As’ari.

Setelah pemberian secara simbolis, Kades Bakang dan Bhabinkamtibmas Desa Cipeundeuy Bripka Yudi Sukmawan bersama perangkat desa dan tokoh setempat secara berurutan membagikan sertifikat kepada penerima manfaat program.

“Alhamdulillah, hari ini sertifikat PTSL sudah diberikan kepada 117 KK di Desa Cipeundeuy. Ini baru tahap pertama, tahap berikutnya masih menunggu proses dari BPN. Kami sangat senang melihat warga yang sumringah dan tampak tersenyum lebar ketika menerima sertifikat,” kata Kades Bakang.

Warga yang terdaftar sebagai peserta program PTSL, lanjut Kades, sangat antusias mengikuti pembagian sertifikat tersebut lantaran sudah sejak lama menginginkan sertifikat sebagai bukti pengakuan negara atas kepemilikan tanah mereka.

Kades Bakang dan jajarannya mengharapkan sertifikat program PTSL tersebut besar bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, kata dia, di tengah situasi Covid-19 seperti ini program PTSL sangat meringankan warga dalam segi biaya dalam mendapatkan sertifikat tanah.

Kades Bakang berjanji akan terus mendorong dilaksanakannya program PTSL di Desa Cipeundeuy agar semua bidang tanah memiliki sertifikat.

Kepada masyarakat yang sudah dan akan menerima sertifikat program PTSL ini, Kades Bakang berharap agar bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

“Saat ini jatah kuota pada program PTSL di Desa Cipeundeuy sebanyak 2 ribu sertifikat. Tahapannya masih terus berjalan. Insya Allah untuk memastikan kelancaran program PTSL ini, kami akan terus kawal di lapangan hingga semuanya selesai,” ujar Bakang.

Dalam pelaksanaannya, Panitia PTSL bersama Pemdes Cipeundeuy mengedepankan prosedur dan aturan. Sementara saat pembagian sertifikat, panitia menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibak memakai masker bagi para hadirin. (*)

Print Friendly, PDF & Email