Bersiaga di Pintu Masuk, Babinsa Ujunggenteng Gelar Operasi Prokes

oleh -
Babinsa Ujunggenteng, Sertu Eros Kosyandi (tengah) bersiaga bersama Koordinator Pintu Masuk Pantai Ujunggenteng, Yayat Supriatna (berbaju putih) dalam rangka penegakan aturan protokol kesehatan.

Wartawan Dicky Sopyan

Perjuangan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sertu Eros Kosyandi dalam menyelamatkan wilayah binaannya dari penyebaran wabah Covid-19 patut diapresiasi. Sertu Eros konsisten menggelar operasi penegakan protokol kesehatan (prokes) dengan menyampaikan imbauan kepada para wisatawan.

banner 970x90

Dalam menjalankan tugasnya, Sertu Eros bersiaga di pintu masuk destinasi agrowisata Pantai Ujunggenteng. Selama berada di pintu masuk, dia mengamati para pengunjung yang hilir mudik untuk dilihat ketaatannya pada peraturan prokes yang salah satunya memakai masker.

“Ini bagian dari tugas negara dalam rangka menyelamatkan wilayah binaan dari penyebaran wabah Covid-19,” kata Sertu Eros ketika ditemui di pintu masuk agrowisata Ujunggenteng, Sabtu (20/3/2021).

Setiap akhir pekan, dia stand by di pintu masuk destinasi wisata. Sertu Eros mendatangi semua objek wisata yang ada di Desa Ujunggenteng.    

“Saya berupaya untuk menegakkan aturan protokol kesehatan di kalangan wisatawan dengan cara persuasif. Kami menyampaikan imbauan dengan bahasa yang santun,” ujar anggota Koramil  2214/Surade, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi itu. 

Kegiatan yang dilakukannya juga merupakan perintah langsung dari pimpinan TNI dan pemerintah. Dalam menjalankan tugasnya, Sertu Eros bergandengan tangan dengan Bhabinkamtibmas dan petugas jaga dari unsur Pemkab Sukabumi.

“Sebagai Babinsa, saya berkewajiban untuk selalu mengingatkan masyarakat agar selalu memakai masker ketika berada di tempat keramaian. Kami juga memantau titik-titik yang masuk tempat keramaian,” ujarnya.

Di tempat yang sama, koordinator pintu masuk agrowisata Pantai Ujunggenteng, Yayat Supriatna mengatakan, dia mendukung Babinsa yang getol menyampaikan imbauan kepada wisatawan untuk mentaati prokes. Para petugas yang berada di pintu masuk bersama-sama melaksanakan tugas tersebut. 

“Kami ingin di tengah masyarakat tumbuh kesadaran sendiri dan mempunyai peran yang sama untuk mengatasi Covid-19,” ujar Yayat.

Pada momen-momen terentu, Babinsa bersama Babinkamtibmas Desa Ujunggenteng terjun bersama ke lapangan untuk mengintensifkan operasi penegakan prokes. Tindakan yang diambil kepada warga yang tidak memakai masker tetap mengacu pada prinsip tegas tapi humanis. (*)

Print Friendly, PDF & Email