Siapkan Call Center, IBI Kabupaten Sukabumi Luncurkan Layanan Halobid

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meresmikan layanan Halobid yang dipersembahkan oleh IBI Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Para bidan yang tergabung di dalam organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sukabumi meluncurkan layanan Halobid yang dapat diakses oleh masyarakat. Melalui Halobid, masyarakat dapat bertanya seputar kesehatan ibu dan bayi.

banner 970x90

Peluncuran Halobid dipimpin Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami di Gedung Fridnanda Palabuhanratu, Kamis (18/3/2021). Ketua IBI Kabupaten Sukabumi, Hj. Ani Andriani menjelaskan, Halobid disediakan khusus untuk melayani masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kami launching program ini untuk memudahkan masyarakat bertanya mengenai kesehatan ibu dan bayi kapan pun. Jadi masyarakat cukup menghubungi call center, tidak pergi jauh-jauh ke fasilitas kesehatan,” ujar Ani. 

Halobid, kata dia, bukanlah aplikasi melainkan berupa call center. Dalam hal ini masyarakat bisa menghubungi para bidan melalui nomor call center 085890001002. 

Inovasi Halobid tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Marwan. Bupati mendorong pengurus dan anggota IBI  agar lebih proaktif dalam mengedukasi masyarakat dan menjadi teladan dalam menerapkan pola hidup sehat, termasuk memberikan contoh cara menghadapi pandemi secara efektif.

“Saya sangat mengapresiasi peran bidan yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dan memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi mengenai kesehatan ibu dan bayi,” ujar bupati. 

Manfaat dari program Halobid, lanjut dia, harus benar-benar dirasakan  oleh masyarakat. Para bidan harus mampu menjaga dan meningkatkan perannya melalui kinerja organisasi yang lebih baik. Selain itu para bidan harus meningkatkan  konsolidasi dengan pemerintah, antar profesi, dan masyarakat.

“Kami mengharapkan para bidan dapat lebih meningkatkan peran dalam upaya menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Ke depan Kabupaten Sukabumi harus zero AKI dan AKB,” ucap Marwan. (*)

Print Friendly, PDF & Email