Jembatan Penghubung Kecamatan Cidadap-Curugkembar Runtuh

oleh -
Jembatan yang menghubungkan Desa Banjarsari di Kecamatan Cidadap dengan Desa Mekartanjung di Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi runtuh diterjang banjir bandang.

Wartawan M. Hamjah

Jembatan gantung penghubung wilayah Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap dengan Desa Mekartanjung Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi ambruk. Jembatan ini runtuh setelah diterjang banjir bandang yang melanda Sungai Cibodas. Akibatnya, akses ke dua wilayah kecamatan itu lumpuh total karena jembatan tidak dapat dilewati.

banner 970x90

Banjir bandang di Sungai Cibodas terjadi Kamis (18/3/2021) sekitar 17.30 WIB. Sore kamrin sepanjang daerah aliran Sungai Cibodas dilanda hujan deras. Menjelang Maghrib, tiba-tiba air meluap di tengah hujan dengan curah yang sangat tinggi. Tidak lama kemudian terjadi banjir bandang yang sangat mendadak.

Beberapa saat setelah terjadi luapan air, jembatan gantung yang terletak di Kampung Babakan Mindi RT 05 RW 02 Desa Banjarsari runtuh. Badan dan material jembatan yang panjangnya 70 meter itu hanyut terbawa aliran banjir bandang. Bagian yang tersisa hanyalah fondasi di kedua sisi dan kawat besi.

Beruntung, dalam bencana itu tidak ada korban jiwa. Dengan ambruknya jembatan, aktivitas warga yang melewati jembatan tersebut lumpuh total. Saat ini, pihak terkait tengah mengurus perbaikan jembatan.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Tapi aktivitas warga lumpuh total. Saat ini, kami tengah berkoordinasi dengan pihak yang berkapasitas untuk memperbaiki jembatan,” kata P2BK (Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan) Cidadap, Husni kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Untuk sementara waktu warga di dua desa itu harus mencari jalan alternatif agar bisa melintasi sungai sebelum ada jembatan darurat. P2BK dan Muspika Cidadap sudah membuat laporan lengkap kepada Pemkab Sukabumi tentang musibah yang menimpa jembatan tersebut. 

“Mudah-mudahan segera turun bantuan dari pemerintah daerah kabupaten,”  ujar Husni.

Husni mengharapkan BPBD Kabupaten Sukabumi segera menurunkan bantuan, paling tidak bisa membangun jembatan darurat agar aktivitas warga bisa kembali normal. (*)

Print Friendly, PDF & Email