Pusat Belum Turunkan Juklak Juknis untuk Vaksinasi Mandiri

oleh -
Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi untuk membentuk kekebalan kelompok.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemda dan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah belum dapat menyelenggarakan vaksinasi mandiri atau gotong royong. Penyebabnya sampai sekarang, pemerintah pusat belum mengeluarkan juklak dan juknis tentang pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang dibiayai secara mandiri oleh masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati menjelaskan, sampai sekarang antusiasme masyarakat dalam mengikuti Vaksinasi Covid-19 sangat tinggi. Dia yakin, pada waktunya nanti masyarakat juga akan bersemangat untuk mengikuti vaksinasi mandiri.  

“Kami banyak menerima pertanyaan dari masyarakat terkait tata cara dan prosedur vaksinasi mandiri. Tapi pemerintah belum menerbitkan ketentuannya,” kata Lulis, Rabu (17/3/2021).

Karena itu sampai sekarang masyarakat di Kota Sukabumi belum bisa mengikuti Vaksinasi Covid-19 mandiri. Dia mengimbau masyarakat untuk bersabar menunggu giliran vaksinasi dari pemerintah.

“Prinsipnya semua masyarakat akan mendapat bagian untuk Vaksinasi Covid-19 yakni mereka yang berumur di atas 18 tahun dan memenuhi syarat kesehatan. Jadi bersabarlah,” ujar Lulis. (*)

Print Friendly, PDF & Email