Kepala DPMD Rencanakan Diklat Public Speaking bagi Perangkat Desa yang Terlibat Aksi Persekusi

oleh -
Kantor DPMD Kabupaten Sukabumi di Jalan Bhayangkara Km.1, Citepus, Palabuhanratu.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Editor Wawan AS

banner 970x90

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana mewanacakan pentingnya pembinaan dalam bentuk pelatihan public speaking bagi para perangkat Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan yang terlibat persekusi terhadap Eko Purtjahjanto, guru IPA di SMPN 1 Cicantayan.

Pembinaan yang dimaksud mempunyai arti sangat luas. Materi pelatihannya bisa mencakup peningkatan kapasitas, pembekalan pemahaman ITE, kehati-hatian  dalam menghadapi masalah, dan penerapan norma-norma dan etika yang berkaitan dengan urusan publik.

“Dengan bekal materi-materi tersebut, para peserta akan lebih tenang dan bijak saat menghadapi masalah. Mereka tidak reaktif tapi lebih mengedepankan konsultasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak,” kata Thendy ketika dihubungi lewat telepon seluler, Selasa (16/3/2021).

Wacana yang disodorkan Thendy merupakan langkah jangka pendek untuk mencegah terjadinya persekusi seperti dilakukan oknum perangkat Desa Cijalingan terhadap Eko beberapa waktu lalu. Aksi persekusi tersebut mendapat reaksi dan sentimen negatif dari publik.

Banyak kalangan mengharapkan tindakan nyata terhadap para pelaku persekusi. Kendati pada akhirnya kedua belah pihak sudah berdamai, masyarakat masih menunggu langkah nyata dari Pemkab Sukabumi terhadap para pelaku persekusi dengan tujuan tidak terulang di kemudian hari. (*)

Print Friendly, PDF & Email