Hikmah Isra Miraj, Jalankan Shalat 5 Waktu Tanpa Putus

oleh -
Penceramah tunggal dari Cimahi, Cisaat, Ustadz Usep Mulyana pada acara Rajaban di Perumahan Bumi Cikembang Asri.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Peringatan Isra Miraj atau Rajaban di Perumahan Bumi Cikembang Asri (BCA) di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi berlangsung khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara puncak kegiatan Isra Miraj di kompleks perumahan yang berdekatan Markaz Yon Armed 13  Kostrad Sukabumi digelar Minggu (14/3/2021) malam. Acara puncaknya tablighul islamiyah dengan penceramah tunggal Ustadz Usep Mulyana dari Kampung Cimahi, Kecamatan Cisaat.

Dalam ceramahnya dia mengatakan, peringatan Isra Miraj Nabi Muhmad SAW jangan dijadikan hanya rutinitas dan seremonial belaka. Tapi harus dijadikan modal dasar dalam mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Salah satunya istiqomah dalam menjalankan shalat 5 waktu.

“Hasil sesungguhnya dari Isra Miraj itu adalah shalat 5 waktu. Shalat adalah ibadah yang pertama kali dihisab di hadapan Allah SWT,” tuturnya.

Sesuai hadis riwayat Abu Hurairah r.a. berikut.

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ، فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ

Awaalu mas yuhaasabu bihil ‘abdu yaumal qiyaamah min amalissolah fain sholuhat faqod aflaha waanjaha Wain fasadat faqod khooba wakhosaro

Amal yang pertama kali dihisab di yaumil qiyamah adalah shalat. Jika baik shalatnya maka beruntung dan berhasil. Jika rusak shalatnya, maka rugi dan gagal.

Isro Miraj, ujar dia, merupakan mujizat terbesar Nabi setelah Al-Quran. Isro sendiri mengandung pengertian perjalanan malam Nabi dari Masjidil Harom di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Palestina yang berjarak sekitar 1.200 kilometer. Lalu dari Masjid Al Aqsa nabi melanjutkan perjalanan ke Sidratul Muntaha dengan jarak tidak berhingga.

“Nabi harus melewati 10 tahap untuk mencapai Arasy yakni dari langit ke 1 sampai ke 7. Dari langit ke 7 nabi naik ke Sidratul Muntaha lalu ke Mustawal dan terakhir bertemu dengan Allah SWT di Arasy,” ujarnya.

Dari Arasy, nabi memperoleh perintah shalat pertama kali yang diwajibkan hingga saat ini. Banyak kaum kafir yang mencemooh dan menuduh Nabi berbohong atas perjalanan Isra Miraj. Tapi ada seorang sahabat yang yang tetap meyakini peristiwa itu sebagai ketetapan Allah SWT. Dia adalah Abu Bakar Assidik RA. (*)

Print Friendly, PDF & Email