Tuntaskan LKPJ Simpan Pinjam, UPK DBM Ciambar Gelar Musyawarah Antar Desa

oleh -
Para narasumber MAD pada LKPJ SPP Kecamatan Ciambar, salah satunya Camat H. Pendi Effendi, S.I.P. (keempat dari kiri).

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Guna menuntaskan Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban Simpan Pinjam Perempuan (LKPJ-SPP) tahun 2020, pengurus Unit Pelaksana Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat (UPK-DBM) Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi menggelar Musyarawarah Antar Desa (MAD) di Aula Kantor Kecamatan Ciambar, Kamis (25/2/2021).

LKPJ SPP merupakan salah satu amanat dari AD/ART Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) yang mensyaratkan tentang kewajiban UPK DBM untuk melaporkan kegiatan dan pengelolaan perguliran SPP selama satu tahun berjalan melalui forum MAD.

Kegiatan MAD dihadiri oleh Camat Ciambar, H. Pendi Effendi, S.I.P., Sekmat Ciambar, Kusyana, S.I.P., M.Si., Kapolsek Ciambar-Nagrak, Iptu Teddi Armayadi, SH., MH., perwakilan Koramil Ciambar, Ketua UPK DBM Hendi Kurniawan, Ketua BKAD Ubad Badriaman, para kades di Kecamatan Ciambar, serta para pengurus dan koordinator SPP masing-masing desa se-Kecamatan Ciambar.

Berperan sebagai narasumber kegiatan, Camat Ciambar H. Pendi Effendi, S.I.P., Kepala Seksi Predesaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Deviana, S.I.P. dan Tenaga Ahli Pada Dinas PMD Kabupupaten Sukabumi, Asep Sopiudin.

“Kegiatan MAD ini merupakan agenda tahunan yang wajib dilaksanakan oleh para pengurus UPK DBM Kecamatan Ciambar yang berfungsi mengontrol pertanggungjawaban pengurus UPK DBM pada program SPP,” jelas Camat Ciambar, H. Pendi Effendi kepada Wartawan usai kegiatan MAD. 

Camat mengharapkan, melalui kegiatan LKPJ SPP ini, para pengurus UPK DBM di Kecamatan Ciambar bisa mengevaluasi berbagai pengelolaan SPP yang belum maksimal. Sebab, kata Camat, jika tidak dievaluasi dan diperbaiki, program peemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program SPP ini, akan sulit tercapai.

“Harus terus dievaluasi agar pengelolaannya bisa lebih baik lagi,” tutur Camat.

Di tempat yang sama, Ketua UPK DBM Kecamatan Ciambar, Hendi Kurniawan memaparkan, LKPJ SPP tahunan ini merupakan tanggung jawab para para pengurus UPK DBM Kecamatan Ciambar setelah menjalankan kegiatan-kegiatan selama satu tahun ke belakang.

Hendi juga mengatakan, melakui LKPJ SPP tersebut, para pengurus melaporkan perkembangan pengelolaan kegiatan, keuangan, pinjaman dan kelembagaan serta pelaksanaan kegiatan dalam periode satu tahun berjalan.

“Alhamdulillah, semua kegiatan satu tahun berjalan sudah kami sampaikan laporannya. Hasilnya Alhamdulillah ada progres baik. Saat ini, kami tinggal mengevaluasi dan menganalisa berbagai kekurangannya,” ujar Hendi. (*)

Print Friendly, PDF & Email