Desa Cicareuh Gencarkan Sosialisasi PPKM Mikro

oleh -
Kepala Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Ramdan Rustarmono.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemdes Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi terus menggencarkan sosialisasi penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Skala Mikro. Sosialisasi tersebut dilaksanakan bersama Posko Terpadu Penanganan Covid-19 Desa Cicareuh.

Pada setiap kasli sosialisasi PPKM Mikro selalu hadir para ketua RT, ketua RW, petugas kesehatan, Satgas tingkat kecamatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan unsur perangkat desa lainnya.  

“Kami bersatu padu dan bersama-sama untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” kata Kepala Desa Cicareuh, Ramdan Rustarmono kepada awak media, Senin (22/2/2021).

Pelaksanaan sosialisai tersebut, ujar Ramdan, sesuai Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021. Sosialisasi digelar di tingkat desa, RW, hingga RT. Sesuai statusnya sebagai PPKM berskala mikro, sosialisasi dan pelaksanaannya hingga tingkat paling bawah yaitu RW dan RT.

“Untuk sosialisasi sudah dilaksanakan di tingkat desa, dua hari ke belakang dan hari ini mungkin desa menekankan kembali ke tingkat RT dan RW untuk segera mempersiapkan gerakan dan sosialisasi di posko RT,” ujar Ramdan.

Dalam konteks PPKM Mikro, lanjut dia, RT dan RW merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam menegakkan aturan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Posko RT dan RW bisa memantau kegiatan masyarakat. Kami tegaskan PPKM Mikro bukan melarang, melainkan membatasi kegiatan masyarakat. Kalau ada keluar masuk warga yang berasal dari luar wilayah ke-RW-an, apalagi orang yang berasal dari zona merah, petugas posko harus mengawasinya,” jelas Kades. (*)

Print Friendly, PDF & Email