Perangkat Desa, BPD, dan LPM Desa Cibunarjaya Didorong Ciptakan Harmonisasi

oleh -
Camat Ciambar H. Pendi Effendi, S.IP (kanan) didampingi Kades Cibunarjaya Ujang Suhanto pada pembukaan pelatihan perangkat dan lembaga desa.
Para peserta pelatihan perangkat dan lembaga desa yang bertugas di Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Perangkat desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa), dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) harus bersinergi dan menciptakan suasana kerja yang harmonis. Dengan harmonisasi, perangkat dan lembaga desa dapat mendorong keberhasilan pembangunan di desa.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kecamatan Ciambar, Kusyana, S.IP, M.Si. dalam ceramah pada pelatihan perangkat desa, BPD, dan LPM Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/2/2021). Perangkat dan lembaga desa, ujar Kusyana harus terus meningkatkan kualitas kerja untuk membangun Desa Cibunarjaya agar lebih baik. 

Pelatihan digelar di kantor Desa Cibunarjaya. Kegiatan itu dibuka oleh Camat Ciambar, H. Pendi Effendi, S.IP. yang didampingi Kades Cibunarjaya Ujang Suhanto selaku tuan rumah.

Agar dapat menjalin harmonisasi, ujar Kusyana, perangkat dan lembaga desa harus dapat memahami dan melaksanakan tugas dan perannya masing-masing. Perangkat desa bertugas untuk membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya dalam menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan mejalankan pemberdayaan masyarakat desa.

“Sementara BPD merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis,” ujar Kusyana.

BPD mempunyai fungsi antara lain  membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama kepala desa; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa; dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Adapun tugas BPD antara lain menggali aspirasi masyarakat; menampung aspirasi masyarakat; mengelola aspirasi masyarakat; menyalurkan aspirasi masyarakat; menyelenggarakan musyawarah BPD; menyelenggarakan musyawarah desa; dan membentuk panitia pemilihan kepala desa; dan menyelenggarakan musyawarah desa khusus untuk pemilihan kepala desa antar waktu.

Sementara LPM Desa merupakan wadah partisipasi masyarakat sebagai mitra pemerintah desa; ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan; serta ikut meningkatkan pelayanan masyarakat desa. 

“Hendaknya perangkat desa, BPD, dan LPM bersinergi untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis dengan menunjukkan kualitas kerja untuk membangun Desa Cibunarjaya,” tutur Kusyana.

Ketika membuka pelatihan, Camat Pepen mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan perangkat dan lembaga desa agar mereka dapat melaksanakan peran tugasnya dengan baik.

Print Friendly, PDF & Email