Pemdes Cipeundeuy Membentuk Pengurus BUMDes Maju Sejahtera

oleh -
Kepala Desa Cipeundeuy Bakang Anwar As’adi (paling kiri) bersama Kasi PMD Kecamatan Surade H. Hasan, S.E (kedua dari kiri) ketika memimpin musyawarah pembentukan pengurus Bumdes Maju Sejahtera.

Wartawan Dicky Sopyan

Pemdes Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi sukses menggelar musyawarah pembentukan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Sejahtera. Rapat pembentukan pengurus Bumdes itu digelar di Aula Kantor Desa Cipeundeuy, Kamis (18/02/2021).

Hadir dalam musyawarah Kepala Desa Cipeundeuy Bakang Anwar As’adi beserta jajaran, Ketua BPD dan anggotanya, tokoh masyarakat, dan pendamping desa. Tampil sebagai narasumber Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kantor Kecamatan Surade, H. Hasan, S.E. dan Kasi Sarpras Kantor Kecamatan Surade,  Rukman Taufik. 

“Alhamdulillah, pembentukan pengurus baru BUMDes Maju Sekahtera Desa Cipeundeuy berjalan sukses dan lancar,” kata Kades Bakang seusai mengikuti musyawarah pembentukan pengurus Bumdes.

Bumdes Cipeundeuy dibentuk melalui beberapa kali pembicaraan yang masif. Setelah tercapai kesepakatan dibentulkan Bumdes yang diberi nama Maju Sejahtera.  

Musyawarah menetapkan kepengurusan Bumdes Maju Sejahtera periode 2021-2024 dengan ketua terpilih H. Suhendi, S.Pd., M.M.Pd.  

Sementara itu dalam ceramahnya Kasi PMD Kecamatan Surade, H. Hasan, S.E. menjelaskan, pembentukan dan pengembangan BUMDes sangat penting karena pengelolaan BUMDes dilakukan oleh para profesional di luar perangkat desa.

BUMDes, kata dia, harus memberikan kontribusi yang nyata dan bisa menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan APBDes setiap tahunnya.

Dasar pembentukan BUMDes adalah Permendagri Nomor 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa. Kemudian pada tahun 2015, akses BUMDes untuk menambah modal lebih diperkuat lagi melalui Alokasi Dana Desa.

Tentunya, melihat potensi di Desa Cipeundeuy ini, pembentukan pengurus Bumdes sangat dibutuhkan. Alhamdulillah, kata dia, musyawarah pembentukan Bumdes berjalan sukses dan lancar,” terang Hasan.

Susunan lengkap Pengurus Bumdes Maju Sejahtera

Penasihat: Kepala Desa Cipeundeuy

Pengawas: Ketua: H. Hasan, S.E.. Anggota: H. Usman, Pudin, Solihin, S.Pd., Junaedi, S.Pd., M.Pd., dan Supriatna Widaningrat, S.Pd.

Ketua: H. Suhendi, S.Pd., M.M.Pd.

Sekretaris: Deden Hidayat, S.Kom.

Bendahara: Dudi Suryadi, S. Pd.

Bidang Pengelolaan Hasil Pertanian: Elis Supartika; Nurman, S.Hut.

Bidang Pariwisata: Diki, Kobul, Iman

Bidang Pemasaran: Kusmaedi, Suparti

Bidang Investasi: Anwar Asgari, Nurman Cacay (*)

Print Friendly, PDF & Email