Kampung Tangguh Nusantara Tapos Bojong Kopi Jadi Role Model di Bojonggenteng

oleh -
Salah satu kegiatan di Kampung Tangguh Nusantara Tapos Bojongkopi, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.
Pembimbing Kampung Tangguh Nusantara Tapos Bojongkopi, Abdul Malik (tengah) bersama rekan-rekan seperjuangannya.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Tapos Bojongkopi RT 25 RW 05, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi menjadi “Role Model” atau panutan bagi desa-desa lainnya. 

Penyematan Role Model  tersebut lantaran Kampung Tapos Bojongkopi telah memenuhi berbagai persyaratan dasar. Kampung ini dapat mengatasi kelompok usia tua dan ibu hamil yang rentan penyakit, dampak ekonomi di masa pandemi Covid-19 yang berpotensi miskin, potensi tingkat kriminalitas yang tinggi, dan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan yang rendah.

Pembimbing Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Tapos Bojongkopi, Abdul Malik menjelaskan, pembentukan Kampung Tangguh Nusantara di kampung tersebut bertujuan untuk menjadikan masyarakat sehat dan aman.

Untuk pelaksanaannya, kata dia, akan dibreakdown hingga ke tingkat RT dengan harapan dapat mendidik masyarakat agar tetap bertahan menghadapi situasi sulit dan bergotong-royong memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Masyarakat harus tetap disiplin dengan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan aturan agar menjadi masyarakat yang tangguh dan terhindar dari Covid-19,” ujar Abdul Malik kepada wartawan di lokasi Kampung Tangguh Nasional Kampung Tapos Bojongkopi, Kamis (18/2/2021).

Pembentukan Kampung Tangguh Nusantara di Tapos Bojongkopi hingga menjadi Role Model merupakan hasil kerja sama semua kalangan. Para pemangku kepentingan yang terlibat antara lain tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda hingga anak-anak.

Para pemuda diarahkan untuk menjadi agen perubahan dalam mengedukasi dan mensosialisasikan upaya-upaya penanganan Covid-19 kepada masyarakat luas.

“Para pemuda harus menjadi agen perubahan yang mampu menyerap informasi untuk mengedukasi masyarakat agar tetap tangguh menghadapi situasi pandemi saat ini,” tandas Abdul.

Di Kampung Tangguh Nusantara, lanjut Abdul, dirinya telah membimbing masyarakat selama kurang lebih 10 tahun. Pidato Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang menyinggung program pirus (pipir diurus) menginspirasi dirinya untuk membangun Kampung Tapos Bojongkopi menjadi lebih baik. (*)

Print Friendly, PDF & Email