Raperda Penanganan Gelandangan dan Pengemis Dibahas Tahun Ini

oleh -
Ketua Bapemperda DPRD Kota Sukabumi, DR. H. Mulyono.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

DPRD Kota Sukabumi akan membahas 11 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun ini, tiga di antaranya merupakan inisiatif Dewan. Salah satunya Raperda tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis. Pembahasan 11 Raperda tersebut akan dituntaskan sepanjang 2021.

“Ada 11 Raperda yang akan dibahas tahun ini dengan rincian tiga inisiatif DPRD dan delapan Raperda merupakan usulan dari Pemkot Sukabumi,” kata Kabag Hukum Setda Kota Sukabumi Lulu Yuliasari kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

Selain Raperda tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis, dua Raperda inisiatif Dewan lainnya terdiri dari Raperda tentang Penyediaan Sarana Ibadah pada Perkantoran dan Pusat Pembelanjaan dan Raperda tentang Penyelanggaraan peternakan dan Kesehatan Hewan.

Pemkot Sukabumi dan Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kota Sukabumi, ujar Lulu, sudah membuat komitmen untuk menyelesaikan pembahasan tiga raperda usulan dari eksekutif pada triwulan I 2021.  

“Ketiga Raperda dimaksud terdiri dari Raperda tentang Pengelolaan Sampah, revisi Raperda tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan, dan Raperda Inovasi Daerah,” jelas Lulu.

Sementara itu Ketua Bapemperda DPRD Kota Sukabumi, DR. H. Mulyono menjelaskan, dia optimis rencana pembahasan tiga raperda pada triwulan I 2021 dapat terwujud sesuai target.

Untuk mendorong pencapaian target penyelesaian pembahasan tiga Raperda pada triwulan I tahun 2021 itu, pihaknya mendesak Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi untuk menyerahkan draft ketiga Raperda tersebut.

“Draft tiga raperda itu harus segera diserahkan mengingat sisa waktu triwulan I tinggal 1,5 bulan lagi,” ucap mantan Wali Kota Sukabumi tersebut.

Mulyono menggarisbawahi, DPRD mengemban tugas dan fungsi legislasi selain pengawasan dan budgeting. Jadi kalau tidak bisa menyelesaikan target pembahasan 11 Raperda tahun 2021, DPRD akan dipertanyakan kompetensinya di bidang lesgislasi. (*)

Print Friendly, PDF & Email