Kehadiran Ekskavator Menunjang Usaha Tambak Udang di Desa Sukatani

oleh -
Ketua Pokdatan Sukatani, Rully (kedua dari kiri) bersama pengurus dan anggota kelompok petani ikan yang dipimpinnya di depan ekskavator bantuan dari KKP.

Wartawan Dicky Sopyan

Anggota Kelompok Tani Pembudidaya Ikan (Pokdatan) Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi saat ini sedang dilanda kegembiraan. Pasalnya harapan mereka untuk memiliki sebuah ekskavator telah terwujud.

Pokdatan Desa Sukatani mendapatkan alat berat senilai Rp1,4 miliar itu bersumber dari bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.

Ekskavator menjadi sarana penting bagi warga Sukatani yang sebagian besar menggantungkan hidupnya dari budidaya udang dan ikan air tawar.

Ketua Pokdatan Sukatani, Rully menjelaskan adanya ekskavator dapat mendorong peningkatan produksi perikanan anggotanya.

“Alat ini dibutuhkan untuk membangun dan merehabilitasi infrastruktur kelautan dan perikanan seperti pembuatan tambak, saluran tambak, dan kolam,” jelas Rully, Selasa (8/2/2021). 

Selama ini, usaha budidaya udang di Desa Sukatani belum optimal karena minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki. Dengan adanya bantuan alat berat tersebut, para petani ikan berhitung usaha pengembangan budidaya ikan dapat mencapai hasil yang maksimal. 

Para penambak dapat memanfaatkan langsung alat berat ini dengan cara menyewa ke Koperasi Cicaladi yang ditunjuk sebagai pengelola ekskavator  tersebut. 

Selain bantuan ekskavator, Pokdatan Sukatani juga mendapat bantuan dua bidang kolam berukuran 15 x 15 meterpersegi dari KKP. Sejauh ini, jumlah kolam yang dimiliki anggota Pokdatan Sukatani sebanyak 27 kolam dengan 2 kolam yang sudah  produksi. (*)

Kolam ikan yang dikelola oleh Pokdatan Desa Sukatani.

Print Friendly, PDF & Email