Didukung Kemenhub, Terminal Tipe A Tes Rapid untuk 250 Orang

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (tengah) memantau pelaksanaan tes rapid anti gen di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Guna mencegah penyebaran wabah Covid-19, Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi menggelar tes rapid anti gen untuk 250 orang calon penumpang dan warga yang baru datang dari luar daerah.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan terkait Covid-19 ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemkot Sukabumi, dan Polres Sukabumi Kota. Peralatan dan bahan untuk tes rapid anti gen itu merupakan bantuan dari Kemenhub. 

Untuk memantau pelaksanaan tes rapid tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni ke Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Senin (8/2/2021). Dalam kunjungan itu, wali kota dan Kapolres didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rachman.

“Melalui tes ini, kami ingin memastikan bahwa warga yang menggunakan jasa tranportasi publik di Kota Sukabumi sudah teridentifikasi status kesehatannya,” kata wali kota ketika ditemui di tengah kegiatan pemantauan tes rapid anti gen di Terminal KH Ahmad Sanusi.

Artinya, ujar wali kota, mereka yang baru datang dari luar daerah harus dipastikan tidak terinfeksi Virus Corona. Sebaliknya warga yang akan meninggalkan Kota Sukabumi juga harus terbebas dari Covid-19. Dengan mengetahui status penumpang dan calon penumpang, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi bisa mengambil langkah-langkah antisipasi.

“Pemeriksaan antigen ini diberlakukan bagi warga yang memasuki dan keluar dari Kota Sukabumi melalui terminal ini,” tambah Fahmi.

Di terminal, wali kota dan Kapolres juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu mentaati aturan protokol kesehatan antara lain dengan memenuhi 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sementara Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman menambahkan, pemeriksaan untuk 250 orang bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Pemeriksaan tersebut, ujar dia, terselenggara berkat adanya dukungan Kemenhub, Pemkot Sukabumi, dan Polres Sukabumi Kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email