Perumda AM TBW Siap Kelola Sumber Air Baku di Wilayah Kota Sukabumi

oleh -
Direktur Perumda AM TBW, Abdul Kholik Fajdawani

Wartawan Nanang Setiana

Sampai saat ini Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa (Perumda AM TBW) Kota Sukabumi tidak mempunyai sumber air baku yang terletak di Kota Sukabumi. Semua sumber air baku yang dikelola oleh Perumda TBW terletak di wilayah Kota Sukabumi. 

Terkait dengan kondisi tersebut, direksi Perumda AM TBW mentargetkan tahun ini dapat memiliki sumber air baku di wilayah Kota Sukabumi. Target tersebut akan diwujudkan melalui pelaksanaan program kerja tahun 2021.

“Kami targetkan tahun ini bisa memiliki sumber air baku di wilayah Kota Sukabumi. Air baku yang kami olah semuanya berasal dari wilayah Kabupaten Sukabumi,” kata Direktur Perumda AM TBW, Abdul Kholik Fajdawani kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Beberapa titik sumber air baku yang terletak di Kabupaten Sukabumi dan diolah oleh Perumda AM TBW terletak di Batukarut Kecamatan Sukaraja, Pondok Halimun Selabintana, dan Cinumpang di Kecamatan Kadudampit yang semuanya di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Nantinya sumber air baku di Kota Sukabumi tentu bukan berasal dari mata air di pegunungan atau danau karena Kota Sukabumi tidak memiliki dua sumber daya alam tersebut. Satu-satunya sumber air yang memungkinkan berasal dari air tanah.

Pembangunan sumber air baku di wilayah Kota Sukabumi itu masuk dalam program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Saat ini Perumda AM TBW telah mencananangkan 7 program kerja yang akan dilaksanakan tahun ini.

Ketujuh program itu antara lain peningkatan konstruksi, perbaikan jaringan pipa, peningkatan cakupan pelayanan, peningkatan perbaikan genangan air, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). (*)

Print Friendly, PDF & Email