Kades Langkapjaya Minta Bupati Perbaiki Jalan Pamoyanan-Lebakjero

oleh -
Kondisi ruas jalan antara Kampung Pamoyanan dan Lebakjero di Desa Langkapjaya rusak berat karena selama 20 tahun belum tersentuh proyek pembangunan.

Wartawan Dicky Sopyan

Kepala Desa Langkapjaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi minta kepada Bupati Sukabumi melalui Dinas  Pekerjaan Umum (PU) untuk segera memperbaiki ruas jalan kabupaten antara Kampung Pamoyanan sampai Lebakjero yang kondisinya rusak parah.

banner 970x90

Kondisi ruas jalan Pamoyanan-Lebakjero saat ini rusak parah. Terakhir kali ruas jalan tersebut diaspal sekitar 20 tahun yang lalu. Ada bayi yang lahir ketika proyek pengaspalan dimulai, sekarang bayi tersebut telah memiliki balita.

“Ruas jalan ini milik Pemkab Sukabumi. Sudah 20 tahun belum tersentuh proyek pembangunan. Sebagian besar bagian dari jalan ini lapisan aspalnya telah mengelupas. Bentuk permukaan jalan bergelombang dan tidak beraturan,” kata Kepala Desa Langkapjaya, Mimin Mintarsih saat ditemui di kantornya, Senin (1/2/2021).

Kepala Desa Langkapjaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Mimin Mintarsih.

Keseluruhan jalan kabupaten itu panjangnya sekitar 6 kilometer. Dari jalan sepanjang itu, 945 meter sudah diaspal, sedangkan selebihnya 5.055 antara Pamoyanan-Lebakjero meter dalam keadaan amburadul dan rusak berat.

“Kami berharap kepada Pemkab Sukabumi untuk segera memperbaiki ruas jalan tersebut. Di masa pandemi ini masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang bagus untuk menunjang kegiatan ekonomi mereka,” tutur Mimin.

Untuk membangun jalan tersebut dengan mengandalkan dana dari desa itu sangat sulit karena sebagian dana terserap untuk kegiatan penanganan Covid-19.  

“Anggaran desa banyak digunakan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, termasuk untuk dana BLT dari Dana Desa,” ujarnya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email